Belajar dari Kecelakaan Mobil Tertimpa Kontainer, Ingat Jaga Jarak

JAKARTA, virprom.com – Dalam kurun waktu kurang dari seminggu, terjadi dua kali kecelakaan mobil akibat tertimpa kontainer. Kejadian ini mengajarkan pentingnya menjaga jarak dengan kendaraan besar atau berat.

Pada 10 Juni 2024, terjadi kecelakaan truk kontainer menabrak pembatas jalan dan kontainer menabrak kapsul Toyota Kijang. Kemudian pada 14 Juni 2024 terjadi peristiwa serupa, sebuah mobil Hyundai Creta tertimpa kontainer.

Baca juga: Video Hyundai Creta Tertimpa Kontainer, Pengemudi Aman

Sony Susmana, direktur pelatihan, konsultan perlindungan keamanan di Indonesia, mengatakan kecelakaan berulang terjadi karena terlalu dekat dengan kontainer.

Total tinggi kontainer pada sasis truk flatbed ini lebih dari 3 meter. Tidak diimbangi dengan lebar sasis yang hanya sekitar 2,5 meter dan tidak kaku, kata Sony saat dihubungi Kompas. com. , baru-baru ini.

“Jadi saat berada di jalan bergelombang, jalan landai, atau salah satu ban kurang angin, as roda belakang putus, dan lain-lain, maka wadah pada sasis yang kempes akan mengalami gangguan keseimbangan dan sasis akan rusak. .pasti akan tertekuk dan bisa tumpah meski terkunci,” kata Sony.

Menurut Sony, dalam kondisi seperti ini, pengemudi kendaraan di sebelah Anda tidak akan mengetahuinya dan akan kesulitan menghindarinya karena terlalu dekat dan tidak mudah terdeteksi.

“Yang paling aman adalah jangan berada di samping atau di samping kontainer, baik sedang bergerak maupun berhenti. Jadi lebih baik jaga jarak, karena kalau tidak fokus, egois, biasanya pengemudi yang kurang kendali akan kesulitan bertindak dan berpikirlah dengan aman,” katanya. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top