Dikunjungi Jokowi, RSUD Bob Bazar Lampung Keluhkan Kekurangan Dokter Spesialis

JAKARTA, virprom.com – Presiden Joko Widodo mengunjungi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. H. Bob Bazar, SKM di Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung, Kamis (11/7/2024).

Tujuan kunjungan ini adalah untuk mengevaluasi fasilitas dan pelayanan kesehatan yang diberikan kepada masyarakat khususnya kepada peserta Badan Pengelola Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

Direktur RSUD Dr. H. Bob Bazar, Reny Indrayani mengatakan, rumah sakit tersebut merupakan rumah sakit tipe C yang menawarkan pelayanan prima dan beberapa spesialisasi lainnya.

Baca Juga: Sambangi RSUD Rupit, Jokowi Senang Tak Ada Keluhan Kekurangan Dokter Spesialis

Sudah terdapat 26 dokter di rumah sakit tersebut, namun masih membutuhkan dokter spesialis di berbagai bidang.

Berdasarkan keterangan Direktorat Jenderal pada Kamis, Reni mengatakan, “Rumah sakit ini masih membutuhkan ahli jantung, ahli saraf intervensi, dan dokter kanker yang belum mereka miliki.”

Ia berharap pemerintah bisa menambah fasilitas kesehatan di rumah sakit yang dikelolanya.

Rumah sakit yang sebagian besar pasiennya merupakan peserta BPJS ini juga disebut mengalami keterbatasan kapasitas.

Baca juga: Bedah telerobotik membantu mengatasi masalah dan kekurangan dokter spesialis

“Karena kunjungan pasien per bulannya sekitar 400-500 orang dan tempat tidurnya hanya 250. Jadi sering kita kelebihan kapasitas untuk pasien,” jelasnya.

Dalam kunjungan tersebut, salah satu pasien RSUD Syahrani mengungkapkan, layanan BPJS telah banyak membantu masyarakat miskin.

Syahrani yang dirawat di RSUD sejak 2016 mengatakan, “Alhamdulillah pelayanan BPJS baik. Saya merasa terbantu.”

Sementara itu, pasien lainnya, Ruslinawati, berharap pemerintah dapat membenahi RSUD di wilayahnya dengan fasilitas dan peralatan kesehatan yang memadai.

Baca juga: Jokowi ingin menambah jumlah tenaga medis sebanyak-banyaknya

“Kalau pelayanannya cukup bagus mungkin peralatannya perlu ditambah, karena kalau mau mengobati penyakit yang serius harus ke Bandar Lampung. Seperti klinik penyakit jantung, belum ada, jadi harus pergi. ke Bandar Lampung juga terlalu jauh. Butuh waktu juga, kata Ruslinawati.

Beberapa kali mengunjungi rumah sakit setempat, Presiden Joko Widodo menekankan pentingnya peningkatan fasilitas, pelayanan, dan sumber daya manusia (SDM) kesehatan di Indonesia.

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Wakil Gubernur Lampung Samsundin, dan Wakil Gubernur Lampung Selatan Nanang Ermanto turut mengunjungi Presiden Jokowi. Dengarkan berita dan kompilasi berita langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses Saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top