Bantah KIM “Plus” Jegal Anies di Jakarta, PKB: Duduk Bersama Saja Belum

JAKARTA, virprom.com – Wakil Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jazilul Fawaid menolak anggapan Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus dibentuk untuk mencegah pencalonan Anyes Baswedan di Pilkada Jakarta 2024.

Jazilul menilai spekulasi tersebut terlalu dini karena ia menyebut Parpol KIM Plus belum bertemu untuk membahas Pilkada Jakarta 2024.

“KIM Plus belum dan belum bersama, apalagi akan mengajukan tuntutan atau apa pun. Jadi masih terlalu dini untuk mengambil kesimpulan,” kata Jazilul saat berkumpul di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (7/7). 8/2024).

Meski demikian, Jazilul mengaku PKB memang diajak bergabung di KIM Plus.

Namun dia mengatakan belum ada kesepakatan mengenai calon yang diusung, padahal mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil akan menjadi calon gubernur.

Baca Juga: KIM Plus Prediksi Kotak Kosong di Pilkada Jakarta Jika…

“Iya kalau ada undangan. Tapi siapa pun itu, belum ada pasangan calon. Jadi, kita belum mengambil kesimpulan akhir,” kata Jazilul.

Wakil Ketua MPR ini mengatakan, PKB juga akan mempertimbangkan rekomendasi DPW PKB DKI Jakarta yang ingin mengangkat Anies ke Pilkada Jakarta.

Sebab, ia menilai tidak ada parpol di KIM Plus yang membicarakan paslon.

“Hanya satu pihak yang mengajukan perwakilan, mengajukan mitra, tapi belum formal. Jadi keputusan usulan DPW PKB DKI masih dalam pertimbangan,” kata Jazilul.

Sebelumnya, Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasko Ahmad mengatakan, ada pembicaraan pendirian KIM Plus di banyak tempat, termasuk di Jakarta.

Baca juga: Anies, PKS, PDI-P Harus Turunkan Ego Politik untuk Tantang KIM di Pilkada Jakarta

KIM Plus merupakan gabungan partai politik yang terdiri dari anggota KIM dan partai politik di luar anggota KIM.

Jika KIM Plus diterapkan, maka hanya satu pasangan calon gubernur dan wakil gubernur yang maju di Pilkada DKI.

Sebab, tidak ada partai politik yang bisa mengajukan calon tanpa membentuk koalisi.

Sementara itu, Dasco mengatakan KIM Plus telah sepakat untuk mengangkat mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil ke Pilkada Jakarta.

  Dengarkan berita dan pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top