Prediksi Perang Nuklir jika Konflik Iran, Israel, Lebanon Meletup

JAKARTA, virprom.com – Konflik di Timur Tengah antara Israel, Palestina, Lebanon, dan Iran diperkirakan akan berdampak besar bagi dunia, termasuk Indonesia, yang khawatir akan terjadi perang nuklir.

Hikmahanto Juwana, Direktur Universitas Jenderal Ahmed Yani, dikutip dalam program Newsroom Chat mengatakan, “Ini akan berdampak besar tidak hanya pada negara-negara Timur Tengah, tetapi juga dunia.” bahan bakar dan dampaknya.” Di virprom.com, Kamis (8/8/2024).

Hal lain yang dapat terkena dampak jika konflik semakin parah adalah terganggunya rantai pasokan global, kata Hikmahanto.

Karena biasanya kapal yang melewati selat atau lautan penting harus menunggu dulu, kata Hikmahanto. Ini seperti terbang.”

Baca juga: Para ahli mengatakan seruan pembubaran membuktikan perang antara Iran, Israel, dan Lebanon akan segera terjadi

Perlu juga diperhatikan potensi polarisasi antar negara yang berkepentingan dengan konflik tersebut, kata Hikmahanto.

Salah satunya adalah perjanjian atau kesepakatan antar negara sahabat yang sedang berperang untuk saling memberikan bantuan.

“Jadi mungkin Israel yang berada di belakangnya, termasuk Amerika Serikat dan mungkin Inggris,” jelas Hikmahanto. Pada saat yang sama, Iran mungkin memiliki Rusia dan negara lain. Dengan demikian, dimulailah Perang Dunia II. Awal Perang Dunia ke 3. .

Hikmahanto juga berbicara mengenai potensi penyebaran senjata nuklir jika konflik meningkat. Karena negara-negara yang bertikai mempunyai sekutu yang memproduksi, mengembangkan, dan memelihara senjata nuklir.

“Kami tidak tahu apakah Iran memiliki senjata nuklir,” kata seorang pakar hubungan internasional. Demikian pula, kita tidak tahu apakah Israel punya senjata nuklir, tapi misalnya, Rusia pasti punya, dan Amerika Serikat pasti punya.

Baca juga: Situasi Memanas, Kementerian Luar Negeri Minta WNI Tunda Kunjungan ke Lebanon, Iran, dan Israel

“Misalnya Korea Utara letaknya sangat jauh dari Timur Tengah, tapi Korea Utara mungkin tertinggal dari Iran, dan yang penting berhadapan dengan Amerika Serikat,” lanjut Hikmahanto.

Hikmahanto menilai saat ini semua negara berupaya meredam tensi konflik agar tidak bertambah parah melalui perundingan.

“Kalau seperti ini efeknya luar biasa,” kata Hicamahanto. Bukan hanya di sekitar kita, tapi di seluruh dunia. Bahkan mungkin menjadi awal dari akhir dunia. Dengarkan berita langsung dan pembaruan di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda virprom.com Saluran WhatsApp: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top