Daya Tawar Menag Yaqut Tak Kuat, Cak Imin Minta Jokowi Tangani Langsung Diplomasi Soal Haji

JAKARTA, virprom.com – Wakil Ketua DPR sekaligus Ketua Tim Pemantau Haji DPR 2024, Muhaimin Iskandar menilai, Presiden Joko Widodo sebaiknya melakukan diplomasi haji langsung dengan pemerintah Arab Saudi.

Bahkan Imin, sapaan akrab Muhaimin, mengaku diplomasi penyelenggaraan ibadah haji yang dilakukan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dan para diplomat tidak memiliki daya tawar yang kuat.

“Kami juga menemukan bahwa ekosistem ibadah haji belum lengkap sehingga seharusnya diplomasi haji dengan pemerintah Saudi dipimpin langsung oleh presiden. Diplomasi yang dilakukan Menteri Agama kurang kuat untuk melakukan negosiasi,” kata Cak Imin di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (7 Januari 2024).

Baca juga: DPR Panggil Menteri Agama Yaqut, Garuda, dan Menteri Kesehatan soal Pelayanan Haji 2024 yang Buruk

Bahkan Imin mengatakan lemahnya diplomasi pemerintah membuat tenda jemaah Indonesia didirikan di lokasi terpencil.

Selain itu, fasilitas yang diberikan kepada jamaah haji Indonesia juga buruk.

Oleh karena itu tenda kita masih sangat jauh, hotel kita masih sangat jauh, dan beberapa fasilitas masih di atas standar yang kita harapkan, kata Ketua Umum PKB itu.

Baca juga: Indonesia dan Arab Saudi Bahas Kontrak Jangka Panjang Penyelenggaraan Haji

Lebih lanjut Cak Imin mengungkapkan adanya praktik jual beli visa haji.

Dia mengatakan, praktik jual beli tersebut menyebabkan harga visa meroket.

“Indikasinya belum bisa kita ungkap sekarang, tapi mungkin di pansus akan lebih detail lagi indikasi jual beli visa yang menyebabkan harga visa naik sangat tinggi,” kata Cak Imin. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top