Masalah dari Kebiasaan Mengisi Bensin Saat Tangki Hampir Kosong

JAKARTA, virprom.com – Sepeda motor injeksi bahan bakar semakin menjadi pilihan utama banyak pengendara sepeda motor di Indonesia karena efisiensi bahan bakar dan performanya yang lebih baik dibandingkan sepeda motor karburator.

Namun di balik kelebihannya, ada satu hal penting yang sering diabaikan oleh pemilik sepeda injeksi bahan bakar, yaitu memastikan tangki bahan bakar tidak pernah kosong sepenuhnya.

Sepeda motor injeksi menggunakan sistem yang lebih canggih dan sensitif dibandingkan sepeda motor karburator. Kehabisan bahan bakar pada sepeda motor dengan injektor tidak hanya menyebabkan mesin mati, tetapi juga dapat merusak komponen penting sistem bahan bakar seperti pompa bahan bakar dan injektor.

Baca juga: Subaru WRX Ikuti Toyota Gunakan Bahan Bakar Sintetis untuk Balapan

Pengendara sepeda motor yang menggunakan sepeda motor injeksi hendaknya lebih berhati-hati terhadap sepeda motornya, selalu memantau jumlah bahan bakar dan segera mengisi bahan bakar jika meteran menunjukkan jumlah yang rendah.

“Jangan sampai sepeda yang dilengkapi injektor kehabisan bahan bakar karena dapat merusak pompa bahan bakarnya,” kata Wahyu Budi, instruktur PT Wahana Makmur Sejati Technical Center, kepada virprom.com, Rabu (31/7/2024).

Menurut dia, pompa bahan bakar sepeda motor injektor bergantung pada bahan bakar untuk menjaga suhu pengoperasian. Jika tangki kosong, pompa bisa menjadi terlalu panas dan akhirnya merusaknya.

Wahyu juga menambahkan, mengendarai sepeda motor dengan bahan bakar hampir habis dapat membuat pompa bahan bakar bekerja lebih keras dan kurang efisien. Selain itu, sepeda motor yang sering kehabisan bahan bakar juga berisiko kotoran menumpuk di dasar tangki. pada sistem injeksi yang dapat menyumbat injektor dan menurunkan performa mesin,” ujarnya.

Untuk menghindari masalah tersebut, Wahyu menyarankan agar pengendara yang menggunakan injeksi bahan bakar mengisi bahan bakar saat tangki sudah mencapai seperempat penuh.

Baca juga: Helm Khusus Vinales untuk MotoGP Inggris, Didesain untuk Film Top Gun

Langkah ini tidak hanya membantu menjaga kondisi komponen sepeda motor tetap baik, tetapi juga mencegah pengendara kehabisan bahan bakar dan harus menderek sepeda motornya.

Memeriksa dan menjaga tangki bahan bakar tetap penuh merupakan langkah penting yang tidak boleh diabaikan. Pemilik sepeda motor injeksi dapat menikmati pengendaraan yang lebih aman dan lancar. Selalu perhatikan ketinggian bahan bakar dan lakukan perawatan terjadwal untuk menjaga mesin injeksi bahan bakar Anda tetap dalam kondisi prima. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top