Microsoft Naikkan Batas Partisi Harddisk FAT32 di Windows 11, Kini Jadi 2TB

virprom.com – Microsoft telah mengubah batas ukuran partisi FAT32 pada hard drive yang diinstal OS Windows 11 melalui pembaruan terbarunya.

Dulu, partisi hard disk FAT32 dibatasi hingga 32GB. Hal ini telah berlangsung selama hampir 30 tahun, sejak Windows 95 diluncurkan. Sekarang batasnya telah ditingkatkan menjadi 2TB.

Fitur ini tersedia di Windows 11 Insider Preview Build 27686. Pembaruan ini akan dirilis ke semua pengguna setelah pengujian dan verifikasi.

Baca Juga: Gamer PC lebih memilih Windows 10 dibandingkan Windows 11

Pengguna akan menghadapi batasan baru ini dengan membuat disk dari baris perintah menggunakan perintah ‘format’.

“Saat kami membuat disk dari baris perintah menggunakan perintah format, kami telah meningkatkan batas FAT32 dari 32GB menjadi 2TB,” ungkap tim Windows dalam postingan blog Kamis yang menjelaskan pratinjau Windows 11 Canary terbaru.

Meskipun Windows 11 sekarang mendukung pembuatan partisi FAT32 hingga 2TB melalui baris perintah, alat format disk berbasis GUI (antarmuka pengguna grafis) di antarmuka Windows masih terbatas pada 32GB.

Baca juga: Microsoft Ingatkan Pengguna Windows 11 Segera Update OS, Ada Apa?

Pengguna yang perlu membuat partisi FAT32 yang besar harus melakukannya menggunakan alat partisi pihak ketiga atau baris perintah.

Dilansir KompasTekno dari The Verge, Senin (19/8/2024), pembaruan batasan ini diharapkan tersedia untuk semua pengguna Windows 11 saat diinstal, sehingga memberi mereka akses untuk meningkatkan ukuran partisi. Dengarkan berita dan cerita terkemuka yang kami pilih langsung di ponsel Anda. Pilih metode pilihan Anda untuk bergabung dengan Saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top