Bukan Racing, Ini Arti Kode R pada Busi

JAKARTA, virprom.com – Sepeda motor injeksi menggunakan jenis busi yang berbeda dengan sepeda motor konvensional yang masih mengandalkan karburator.

Busi sepeda motor injeksi mempunyai lambang khusus berupa huruf R. Sedangkan maknanya sendiri adalah pertentangan atau perlawanan.

Sayangnya, banyak orang yang belum memahami arti dari kode ini. Bahkan ada anggapan yang salah bahwa simbol R pada busi berarti balap, itulah nama busi kompetisi.

Baca juga: Dampak Buruk Mengabaikan Masalah Kesehatan pada Mobil

Menanggapi hal tersebut, baru-baru ini Dico Octaviano, after sales technical support PT Niterra Mobility Indonesia (NMI), produsen busi NGK, menjelaskan keberadaan resistor pada busi mesin injeksi berguna untuk mengganggu tegangan dan gelombang elektromagnetik.

“P pada busi NGK merupakan resistor yang digunakan pada sepeda motor injeksi, bukan balap. Kehadiran resistor disarankan pada kendaraan yang dilengkapi on-board unit atau ECU,” kata Dicko.

Lebih lanjut Dicko menjelaskan, dengan adanya hambatan pada busi pada sepeda motor injeksi dapat meredam tegangan dan gelombang elektromagnetik.

Dengan cara ini, masalah seperti gangguan listrik yang dapat mengganggu bahkan merusak ECU dapat dihindari.

Baca juga: Simak Keunggulan Ban Bridgestone Dueler Terbaru

Jika sepeda motor injeksi yang dilengkapi ECU tidak menggunakan busi dengan atau tanpa kode R maka akan mengalami masalah. Pengoperasian mesin yang tidak stabil, kehilangan tenaga, dll. Dengarkan berita terkini dan pilihan berita kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top