Bola Liar Pansus Haji, Dipertanyakan PBNU, PKB Pasang Badan

JAKARTA, virprom.com – Pembentukan Panitia Penyidik ​​Haji (Pansus) Haji 2024 akan menjadi liar setelah adanya pertanyaan dari Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU).

Pemimpin PBNU Yahya Cholil Staquf menduga terbentuknya pansus ini akibat adanya permasalahan pribadi antara dirinya dengan Ketua Umum Partai Gerakan Nasional (PKB) Muhaimin Iskandar atau Cak Imen.

Diketahui, kelompok yang dipimpin Cak Imin ini merupakan kelompok di parlemen yang sangat menganjurkan pembentukan panitia khusus hak haji 2024.

Namun PKB mengambil tindakan terkait tuduhan Yahya. PKB menyebut pembentukan Panitia Hak Penyidikan Haji 2024 merupakan upaya perbaikan tata kelola haji. Masalah pribadi

Yahya menduga pembentukan pansus pengusutan hak haji 2024 di DPR RI akibat permasalahan pribadi antara dirinya dan Cak Imen.

Yahya mengenang, pembentukan pansus pengusutan hak haji 2024 memang khusus ditujukan kepada dirinya, melainkan oleh Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas yang merupakan kakaknya.

Diketahui, Yaqut menjadi incaran anggota Panitia Khusus Haji Hak Soal 2024 pada ibadah haji tahun ini karena kondisi haji tahun ini sangat buruk.

“Iya ini yang jadi pertanyaan kita, pansus haji akan menyerang NU, mungkin masalah pribadi, mungkin bisa lho,” kata Yahya saat berpidato dalam konferensi di Hotel Bidakara Jakarta, Minggu. (28 Juli 2024).

Baca Juga: Pansus Haji Gus Yahya Sindir, Ketua Komisi VIII DPR: PBNU Jangan Bakar Jenggotnya

Gara-gara struktur itu, PBNU pun ikut bermasalah. Pasalnya, pembentukan panitia khusus pengusutan hak haji 2024 dinilai belum mendesak.

Menurut dia, Yahya menilai tidak ada kendala pada kinerja perjalanan haji tahun ini yang menjadi dasar pembentukan Panitia Khusus Hak Angket Haji 2024.

Ia juga meminta dilakukan survei kesiapan haji tahun ini, dimana respondennya adalah jamaah haji yang memiliki pengetahuan langsung tentang haji.

“Iya kita lihat pansus ini tidak ada alasan sebenarnya, dan masyarakat saya juga bisa melihatnya, kita punya jamaah yang menunaikan haji, dan banyak orang bisa ditanya, Iya kalau perlu dilakukan penelitian ya, ada. belum ada informasi, kata Yahya.

Hal ini membuat Yahya menduga pembentukan Pansus Hak Penyidikan Haji 2024 merupakan bentuk permusuhan nyata terhadap PBNU, namun permusuhannya diungkapkan melalui Menteri Agama Yaqut.

Baca Juga: Balasan Gus Yahya, Cak Imin: Pansus Haji Tak Ada Hubungannya dengan PKB atau PBNU, Biar Jelas!

Makanya kita ulangi karena marah ke PBNU. Jadi pertanyaannya adik saya diincar apa? Itu pertanyaannya. Kita belum tahu, kita lihat saja nanti apa yang terjadi, tambahnya. Jenazahnya dibaringkan oleh PKB

Pasca protes PBNU, PKB tak tinggal diam. PKB tetap menjabat karena PBNU keberatan dengan pembentukan panitia hak khusus penyidikan haji 2024.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top