88 Kasus Mpox di Indonesia, Menkes: Enggak Usah Khawatir, Bisa Diobati

virprom.com – Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) sejauh ini melaporkan 88 kasus cacar monyet atau mpox di Indonesia.

Kasus Mpox terkonfirmasi pertama kali pada tanggal 20 Agustus 2023. Pada tahun 2023, kasus Mpox dilaporkan kembali di Indonesia yaitu 73 kasus terkonfirmasi, dan pada tahun 2024 sebanyak 14 kasus.

Baca Juga: Seperti Apa Ruam Cacar Monyet? Berikut penjelasan dokter…

Menanggapi temuan tersebut, Menteri Kesehatan (Mankes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan angka kematian akibat cacar monyet di Indonesia termasuk rendah dan masih terkendali.

Menteri Kesehatan Budi kemudian meminta masyarakat tidak perlu khawatir karena penyakit cacar monyet bisa diobati.

“Di Indonesia kasus varian clade IIB masih banyak, bisa diobati dan angka kematiannya sangat rendah, semua penderita di Indonesia sudah sembuh, jadi tidak ada yang perlu dikhawatirkan, apalagi kalau penyakit cacar, ada. hanya satu vaksin, kata Menteri Kesehatan Budi, Senin (26/8/2024), seperti dilansir Antara.

Ditegaskannya, kasus mpox di Indonesia tercatat masih ada 88 kasus pada tahun 2022 hingga saat ini dan meningkat pada tahun 2023, kemudian menurun lagi pada tahun 2024.

“Kalau di Indonesia sendiri di tahun 2024 mungkin ada sekitar 12-14 kasus dan bukan yang baru. Kemarin ada satu, bisa saja, tapi hari ini kita cek apakah benar Mpox, kemarin ada empat, tapi tiga kembali negatif. , sudah diperiksa di laboratorium,” ujarnya.

Baca Juga: Apa yang Dikirim Mpox? Berikut penjelasannya…

Sebelumnya, Plt Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi mengatakan vaksin Mpox massal belum diperlukan bagi masyarakat Indonesia. Bahkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) tidak merekomendasikannya.

Nadia menjelaskan, vaksin saat ini diprioritaskan pada kelompok yang berisiko terpapar virus.

Terkait pasokan vaksin Mpox, Nadia mengatakan stok tahun ini masih mencukupi sehingga tidak ada kebutuhan mendesak untuk menambahnya.

Namun setiap orang dapat meningkatkan kewaspadaan terhadap penyebaran penyakit cacar monyet dengan membatasi kontak fisik dan seksual dengan penderita atau orang yang diduga terkena Mpox, menghindari berganti-ganti pasangan seksual, mencuci tangan dan selalu menjaga kebersihan diri. Dengarkan berita terkini dan pilih berita kami langsung ke ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top