Kelebihan Mobil yang Sudah Pernah Turun Mesin

SUKOHARJO, virprom.com – Mobil dengan mesin mati mendapat cibiran negatif dari masyarakat, karena dianggap performanya sudah tidak sesuai lagi dengan pabrikan.

Hal ini tentu saja wajar, karena tidak semua bengkel bisa menjamin kualitas proses perakitan yang didapat dari pabrik.

Pemilik Bengkel Spesialis Toyota Mitsubishi, Garasi Autoservice Sukoharjo, Muchlis, mengatakan stigma tersebut tidak benar jika proses pelepasan atau perombakan mesin dilakukan sesuai standar operasional prosedur (SOP).

Baca juga: Pilih Mana, Mesin Rusak atau Rusak?

Muchlis mengatakan kepada virprom.com pada Selasa, 7 Februari 2024: “Semua barang elektronik harus diperiksa, dibongkar, diukur, diganti, dibersihkan, dan dipasang kembali dengan benar.

Jika SOP diterapkan, kata Muchlis, mobil bisa terlihat seperti baru atau tampil maksimal setelah mesin dimatikan.

“Salah satu poin dalam overhaul adalah pembersihan, sehingga mudah-mudahan kerak oli hilang seluruhnya, part terlihat baru kembali, dan sistem pelumasan berjalan lancar,” kata Muchlis.

Baca juga: Cara Memastikan Mesin Mobil Bekas Dalam Kondisi Bagus

Menurut Muchlis, suara mesin mobil lebih halus dibandingkan sebelum mesin dimatikan karena pelumasan yang lebih baik. Selain itu, karena proses pengukuran, suku cadang yang aus akan diganti.

Dampak lainnya adalah suhu mesin menjadi lebih stabil karena gesekan antar bagian saat mesin hidup tidak terlalu besar. Selain itu, bagian-bagian yang menyebabkan panas berlebih seperti kepala silinder dan blok mesin yang tidak rata juga sudah diperbaiki atau diganti. Artinya suhu mesin lebih stabil”, ujarnya. kata Muchlis.

Menurut Muchlis, begitu mesin dimatikan, performa mobil akan kembali segar seperti pabrik karena SOP sudah ada dan disiplin bengkel. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung dari ponsel Anda. Untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com, pilih saluran berita favorit Anda: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top