Mitos atau Fakta, Matikan Mesin tapi AC Hidup Bikin Cepat Rusak

JAKARTA, virprom.com – Saat mematikan mesin mobil, AC harus dimatikan. Namun terkadang pemilik lupa mematikan mesin mobil saat AC masih menyala.

Pertanyaan awam, apakah perilaku tersebut dapat merusak sistem AC mobil?

Baca juga: Penjelasan Penyebab Ban Mobil Bisa Kempes Saat Berkendara di Tanjakan

Andrew Prakuswo, pemilik Fortune AC Professional Repair, mengatakan sistem AC tidak terpengaruh meski mesin mobil dimatikan tapi AC menyala.

Sebenarnya AC tidak berpengaruh apa-apa. Hanya saja biasanya mempengaruhi mesin mobil, kata Andrew yang ditemui virprom.com, di Cibubur, Jakarta Timur, baru-baru ini.

Andrew menjelaskan, jika mesin mobil dimatikan, namun AC tetap menyala, maka mesin akan berpindah saat dihidupkan kembali.

Baca Juga: Hyundai harap pemerintah fokus pada mobil listrik, bukan hybrid

Pasalnya, kata Andrew, saat mesin mobil dihidupkan, kompresor AC langsung menyala sehingga dapat membebani mesin.

“Seringkali (saat kita menghidupkan mesin mobil) kita harus memanaskannya terlebih dahulu, seperti ketika mobil ada tanda biru seperti sisir biru, itu berarti oli belum naik, makanya kita sedang memasukkan uang ke dalamnya.” mesinnya,” katanya.

“Tapi kalau punya AC, tidak masalah. Itu mitos,” kata Andrew. Dengarkan Injil dan pilihan pesan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran pesan favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan aplikasi WhatsApp sudah terinstal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top