Pelatih Legendaris Sven-Goran Eriksson Meninggal Dunia pada Umur 76 Tahun

virprom.com – Pelatih kondang asal Swedia, Sven-Goran Eriksson, meninggal dunia di usia 76 tahun pada Senin (26/8/2024).

Sven-Goran Eriksson menghabiskan beberapa bulan terakhir berjuang melawan kanker, diagnosis yang dia umumkan pada Januari lalu.

“Setelah lama sakit, SGE (Sven-Goran Eriksson) meninggal pagi ini di rumahnya dikelilingi keluarganya,” kata keluarga Eriksson dalam keterangan resmi.

Yang paling berduka adalah putrinya Lina; putranya Johan dan istrinya Amana dan cucunya Sky; ayahnya Sven; pacarnya Yanisette dan putra mereka Alcides; saudara laki-lakinya Lars-Erik dan istrinya Jumnong.

“Keluarga meminta agar keinginan mereka dihormati untuk berkabung secara pribadi dan tidak saling menghubungi.”

Pria asal Swedia ini meraih kesuksesan besar di dunia manajemen antara tahun 1977 hingga 2001, dengan meraih 18 trofi bersama tim berbeda di Swedia, Portugis, dan Italia. 

Dalam kompetisi klub Eropa, Eriksson mengangkat Piala UEFA bersama IFK Goteborg pada tahun 1982 dan Piala Winners Eropa pada tahun 1999 bersama Lazio (yang terakhir sebelum pembatalannya) dan mencapai final Piala Champions 1992 bersama Benfica.

Eriksson kemudian melatih tim nasional Inggris, Meksiko, Filipina dan Pantai Gading, serta Manchester City dan Leicester City di Inggris. 

Sosok kelahiran 5 Februari 1948 ini merupakan pelatih non-Inggris pertama yang melatih Inggris.

Eriksson telah melatih di 10 negara: Swedia, Portugal, Italia, Inggris, Meksiko, Pantai Gading, Thailand, Uni Emirat Arab, Tiongkok, dan Filipina.

Pekerjaan tetap terakhir Eriksson adalah saat menangani klub kasta ketiga Liga Swedia IF Karlstad. Dia meninggalkan posisi itu pada Februari 2023 setelah diagnosisnya.

Namun, ia berhasil mewujudkan impian masa kecilnya dengan melatih tim Liverpool Legends melawan Ajax Legends di Anfield pada Maret 2024.

Eriksson sebelumnya mengungkapkan bahwa dirinya merupakan pendukung masa kecil klub Merseyside tersebut.

  Dengarkan berita terkini dan berita pilihan langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk bergabung dengan saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top