Merawat Bodi Motor, Jangan Cuma Siram Pakai Air Saat Kotor

JAKARTA, virprom.com – Salah satu aspek yang menunjukkan bersih atau tidaknya sebuah sepeda motor adalah bodinya. Sepertinya motor baru keluar dari dealer, body masih mulus tidak kusam.

Sebagai pemilik kendaraan, Anda tentu ingin selalu menjaga kebersihan sepeda motor Anda selama Anda memilikinya. Kalau bisa cat yang menempel di badan tidak menggelap, tetap berwarna.

Namun, ada kebiasaan buruk menjaga warna cat sepeda motor tetap bagus. Seperti yang diungkapkan Junistian Farhan, pemilik bengkel pengecatan sepeda motor Square Project di Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Baca Juga: Sepeda Motor Kawasaki Hidrogen Diuji di Jalan Raya, Dikatakan Lebih Responsif

Banyak orang yang mengira jika bodi sepeda motor kotor dan berdebu atau berdebu, cukup disiram air lalu dilap. Malah membuat cat motor menjadi gelap dan mengurangi warnanya.

“Jujur lapisan catnya sakit. Kenapa tidak disiram, langsung dilap dengan chamois atau microfiber,” kata Junis kepada virprom.com, Rabu (31/7/2024).

Junis menjelaskan, mengelap bodi sepeda motor selalu menimbulkan gesekan. Namun karena adanya debu pada bodi, goresan halus seperti bekas pusaran bisa saja terjadi.

Baca Juga: Hindari kebiasaan menggerakkan setir saat menghentikan mobil

“Tidak langsung terlihat, dan jika terlalu sering dilakukan, tanda pusaran akan menumpuk, dan cat bisa menjadi gelap. Lapisan pernis akan tergores halus,” kata Junis.

Hal terbaik yang harus dilakukan jika ingin menjaga kondisi cat sepeda motor tetap baik adalah dengan mencuci terlebih dahulu bagian-bagian yang ingin dibersihkan dengan sabun. Oleh karena itu debu dan kotoran dapat dihilangkan dengan sabun, karena air saja tidak cukup.

“Sebaiknya cuci dulu dengan sabun yang pHnya bagus, pakai sabun yang biasa mencuci sepeda motor,” kata Junis sebelum mengelapnya. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top