Transmisi Mobil Matik Bunyi Jedug Saat Dipindah, Ini Peyebabnya

Tangerang Selatan, virprom.com – Pergantian posisi tuas persneling atau perpindahan gigi pada mobil matic sebaiknya dilakukan dengan lancar tanpa menyentak atau bahkan mengeluarkan suara “Jedg”.

Salah satu penyebab kebisingan yang tidak biasa ini adalah karena pengendalian yang tidak tepat setiap kali Anda memindahkan tuas dari P ke R, terutama setelah mobil berhenti dan mulai hidup.

Iko Setiawan, Pemilik Everest Motor Bintaro, Tangsel, mengatakan bunyi “jedug” sering dikeluhkan para pengguna mobil matic, namun kenyataannya permasalahannya bukan hanya masalah transmisi saja melainkan meluas.

Baca juga: Cara Mengaktifkan Mode Manual pada Transmisi Otomatis di Pegunungan

Eco mengatakan, saat memarkir mobil bertransmisi otomatis, konsumen sebaiknya memperhatikan urutan pengoperasian tuas persneling dan rem tangan agar terhindar dari bunyi “jadg”.

“Pastikan mobil dalam keadaan berhenti total sebelum memindahkan tuas ke P, bila ingin parkir tarik rem tangan sepenuhnya, barulah tuas persneling bisa dipindahkan ke P,” kata Eko kepada virprom.com, Sabtu (13 /7) /2024) .

Eko mengatakan, memindahkan tuas persneling ke posisi P sebelum menginjak rem parkir bisa menyebabkan parking pawl macet. Sehingga sulit untuk menggeser tongkat dari P ke R saat ingin menggunakan mobil.

Baca Juga: Harga Oli Transmisi Otomatis Juli 2024

Menurut Eco, meski dalam mode matic, mobil bisa bergerak maju dan mundur sedikit. Bila macet maju atau mundur, inilah batas tegangan kait parkir.

Apabila rem parkir diaktifkan setelah mobil dalam posisi terpasang pada tiang parkir, berarti mobil tersebut diparkir dengan tiang parkir tertancap atau tertimpa beban kendaraan. Jadi saat hendak start setelah parkir, akan terdengar bunyi “jadg” ​​saat tuas transmisi dipindahkan dari P ke R.

“Apalagi jika kendaraan diparkir miring, bobot kendaraan akan menambah tekanan pada kait parkir. Kondisi ini dapat merusak komponen transmisi karena ada komponen gaya saat tuas transmisi digerakkan, kata Eco.

Baca Juga: Benarkah Mobil Transmisi Otomatis Tidak Bisa Dikendarai?

Jadi, menurut Eco, urutan yang benar saat memarkir mobil bertransmisi matic adalah dengan menginjak rem tangan sebelum memindahkan tuas transmisi matic ke P untuk menghentikan mobil. Jadi saat ingin menggunakan shift P ke R, suara “Jedg” tidak muncul. Dengarkan berita dan pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top