Cara Kerja Gearbox CVT pada Mobil

Jakarta, virprom.com – Gearbox disebut juga transmisi merupakan bagian penting pada sebuah mobil yang berfungsi menyalurkan tenaga dari mesin ke roda.

Pada kendaraan matic yang dilengkapi teknologi Continuous Variable Transmision (CVT), transmisi berperan penting dalam menjamin kelancaran perpindahan gigi dan efisiensi bahan bakar.

Berbeda dengan transmisi manual atau otomatis tradisional, CVT menggunakan sistem katrol dan sabuk yang memungkinkan pengemudi memindahkan gigi tanpa jeda atau menyentak.

Baca juga: Tips Menjaga Pretensioner Sabuk Pengaman Anda Dalam Kondisi Optimal

Menurut Thayne Finsenda Lika, pemilik Dokter Mobil, CVT banyak digunakan karena mampu memberikan pengalaman berkendara lebih mulus.

“Mesin menggerakkan torque converter, kemudian oli transmisi dipompa ke roda penggerak, disalurkan ke belt dan pulley CVT, dan terakhir tenaga disalurkan ke roda,” jelas pria akrab disapa Ko Lung ini. virprom.com, Sabtu (8 Oktober 2024).

Sistem ini memungkinkan kendaraan mempertahankan kecepatan mesin yang optimal sekaligus memastikan akselerasi yang mulus dan peningkatan efisiensi bahan bakar.

Untuk menjaga kondisi transmisi CVT Anda tetap optimal, lakukan perawatan sederhana seperti: B. mengganti oli transmisi secara berkala, sesuai anjuran pabrikan. Hal ini dilakukan untuk mencegah keausan dini.

Baca Juga: Voltron Buka SPKLU di Pay Stop Cipularang KM 88A

Selanjutnya, hindari akselerasi mendadak yang dapat membebani puli dan ikat pinggang, perbaiki kebiasaan berkendara, dan periksakan kendaraan Anda secara rutin ke bengkel terpercaya. Dengarkan berita terkini dan cerita pilihan langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita pilihan Anda dan kunjungi saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top