Kuota Rumah Subsidi 2024 Jadi Ditambah? Ini Jawaban Pemerintah

JAKARTA, virprom.com – Pemerintah akan menyediakan 166.000 unit stok pembiayaan perumahan bersubsidi melalui Dana Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) pada tahun 2024.

Angka tersebut jauh di bawah pencapaian FLPP pada tahun 2023 sebanyak 229.000 unit rumah terjangkau.

Beberapa asosiasi, mulai dari pengembang perumahan terjangkau hingga perbankan, berharap kuota FLPP akan meningkat pada tahun 2024, setidaknya mendekati hasil tahun lalu.

Menanggapi hal tersebut, Komisioner Badan Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera) Heru Pudyo Nugroho mengatakan, proses penambahan kuota rumah bersubsidi masih terus berjalan.

“Saya kira Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sudah berkomunikasi sangat erat dengan Kementerian Keuangan dan kami sebagai operator hanya bisa menunggu,” kata Heru saat ditemui di kantor BP Tapera di Menara Mandiri II, Jakarta. 26 Agustus 2016).

Sementara terkait cicilan 2024, Helu menyebutkan sisa pendanaan yang belum disalurkan kurang lebih Rp5,1 triliun.

“Kami berkoordinasi erat dengan Kementerian Keuangan agar jumlah tersebut bisa dicairkan pada bulan September,” lanjut Helu.

Baca Juga: Iuran FLPP KPR Berakhir 2024, REI Minta Tambahan Iuran

Sebelumnya, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengaku sudah berkomunikasi dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani soal penambahan kuota FLPP.

Nah, sekarang kami laporkan sudah habis. Kami minta tambahan kuota lagi untuk FLPP, kata Basuki usai rapat kerja dengan Panitia Kelima DPR RI di Jakarta, Rabu (21/8/2024).

Sementara itu, Erwanxue mengatakan kuota FLPP akan disesuaikan pada tahun 2025 seiring dengan rencana 3 juta unit rumah yang diusung Presiden terpilih Prabowo.

“Saya lupa jumlahnya (kuota FLPP tahun depan), harus lebih karena rencana Pak Prabowo 3 juta, dan akan kita sesuaikan,” lanjut Basuki. Dengarkan berita terkini dan pilihan terbaik kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda dan kunjungi saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top