Tanda Oli Mesin Mobil Bekas Tidak Diganti Secara Rutin

SOLO, virprom.com – Perawatan rutin pada mobil bekas penting untuk diketahui calon pembeli, karena dapat mempengaruhi performa mobil yang digunakan.

Salah satu aspek perawatan yang perlu diperhatikan sebelum membeli mobil bekas adalah mengganti oli mesin secara berkala.

Tidak mengganti oli mesin secara rutin dapat merusak komponen mesin sehingga berbagai macam kerusakan dapat terjadi. Selain itu, oli juga berperan dalam menjaga mesin tetap berjalan lancar dan efisien.

Baca Juga: Ini yang Harus Anda Lakukan Saat Membeli Nissan Serena Bekas

Ada cara untuk mengetahui oli mobil bekas rutin diganti atau tidak, kata Moschlis, pemilik bengkel spesialis Toyota Mitsubishi, Garasi Auto Service Sukoharjo.

Biasanya rekam jejaknya ada di bengkel resmi, kalau tidak ada catatan bisa dibuka tutup olinya dan dicek apakah kasar atau bersih, kata Moscheles kepada virprom.com, Kamis (25/7/2024). .

Moschlis menjelaskan, jika terdapat banyak kerak pada ruang oli mesin, bisa dipastikan mobil tidak akan rutin diganti, begitu pula sebaliknya jika sudah bersih maka akan dilakukan perawatan rutin.

Baca juga: Mitsubishi Ingin Gabung Aliansi Honda-Nissan Terkait Mobil Listrik

Selain itu cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan mengecek suara mesin apakah kasar atau tidak.

“Suaranya biasanya lebih kasar dibandingkan saat oli diganti secara rutin,” ujarnya.

Ingatlah bahwa penggantian oli merupakan perawatan penting yang harus dilakukan secara rutin sebelum performa mesin menurun.

Moschlis mengatakan: “Waktu penggantian oli mesin dapat disesuaikan, dan kriteria yang digunakan adalah jarak tempuh, dan ini dapat dilakukan setiap 3.000 kilometer, atau 5.000 kilometer atau lebih, sesuai rekomendasi bengkel.” Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top