Intip Livery Retro para Pebalap MotoGP di GP Inggris 2024

JAKARTA, virprom.com – Seri MotoGP Inggris 2024 yang berlangsung di Silverstone akhir pekan ini terasa semakin spesial karena sekaligus merayakan hari jadinya yang ke-75.

Alhasil, setiap pengendara memakai corak bergaya retro mulai dari Monster Energy Yamaha, Ducati Lenovo, hingga Repsol Honda. Hal ini menjadi kesan tersendiri bagi para ksatria.

“Saya senang Dorna punya ide ini. Senang sekali melihat semua corak masa lalu atau beberapa ide baru. Hebat sekali,” kata Francesco Bagnaia seperti dikutip The Collapse, Minggu (4/8/2024).

BACA JUGA: Tautan Langsung MotoGP Inggris, Bagnaia Vs Martin

“Saya suka dengan desain lama karena menurut saya terlihat lebih klasik dan bersih,” lanjut sang juara bertahan.

Bagnaia sangat senang dengan corak Ducati, yang terinspirasi oleh Desmosedici GP3 2003 yang dilombakan oleh Loris Capirossi dan Troy Bayliss selama debut balap tingkat atas merek tersebut di Bologna.

Sementara itu, stiker yang digunakan Gresini Ducati juga memperingati bos tim Fausto.

“Desain kami sangat istimewa. Bukan hanya desain retro, ini dari tahun 1987 dan galeri Fausto. Ini desain yang emosional, gaya yang emosional,” kata Marc Marquez.

Lalu ada livery pertama dan livery retro tim Monster Energy Yamaha MotoGP. Warna asli Yamaha YZR500 tahun 1975 saat Giacomo Agostini meraih gelar MotoGP pertamanya.

BACA JUGA: Jadwal MotoGP Inggris 2024 hari ini, waktu balapan 19:00 WIB

Sedangkan bagi Honda, fokus klasik mereka adalah kemenangan bersejarah Freddie Spencer di Kejuaraan Dunia 500cc 1983 ketika ia mengalahkan Kenny Roberts Sr hanya dengan selisih dua poin), salah satu pertarungan perebutan gelar Grand Prix yang paling berkesan hingga saat ini.

Saat itu, pebalap Amerika berusia 21 tahun menjadi juara kelas atas termuda yang mengendarai NS500 miliknya.

“Kami sulit melihat liverynya dengan jelas karena sponsornya. Tapi kalau Yamaha atau Honda, liverynya bagus,” kata Bagnaya.

“Saya sangat menyukai Yamaha karena sangat jelas. Saya berharap kedepannya akan ada lebih banyak ide seperti ini,” lanjutnya.

Livery KTM Redbull Team mencerminkan gaya motor MX asli KTM. Desain pabrikan Austria ini didasarkan pada program balap jalanan KTM: KTM LC4.

Baca Juga: Yamaha NMAX Neo Full Testing, Review Desain dan Biaya Kepemilikan

Mobil tersebut dikembangkan oleh Wolfgang Felber, yang kemudian memenangkan kejuaraan “Voice of One” Jerman pada tahun 1989.

Sementara itu, pabrikan balap Aprilia memilih menggunakan livery Aprilia Biaggi Chesterfield dari tahun 1990-an.

Pabrikan Noale memiliki sejarah panjang di kategori junior, memenangkan 19 kejuaraan dunia di kategori 125cc dan 250cc dari tahun 1992 hingga 2011.

Khusus livery Silverstone, mereka mengambil inspirasi dari Aprilia RSV 250 yang dibalap Max Biaggi saat meraih gelar juara 250cc pada tahun 1994, 1995, dan 1996.

“Saya rasa acara ini akan sangat dinikmati oleh para penggemar karena berbeda dan menarik,” kata Fabio Quartararo pada kesempatan lain. Dapatkan berita dan pilihan terbaik kami di ponsel Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top