Perhatikan Hal Ini Sebelum Membeli Ban Bekas buat Mobil

JAKARTA, virprom.com – Membeli ban bekas bisa menjadi pilihan yang menguntungkan bagi sebagian orang yang ingin berhemat. Namun keputusan ini memerlukan kehati-hatian tambahan.

Ban merupakan komponen penting yang berhubungan langsung dengan keselamatan berkendara, sehingga kondisinya harus diperiksa dengan cermat sebelum membeli.

Meski harga ban bekas seringkali lebih terjangkau, namun masih banyak risiko yang mengintai jika tidak dilakukan pemeriksaan menyeluruh.

Baca Juga: Daihatsu Ungkap Konversi Pengguna Sepeda Motor ke Mobil Solo Masih Rendah

Tak hanya soal ketebalan tapak, masih banyak aspek lain yang perlu diperhatikan agar ban bekas tetap layak digunakan.

Menurut Fisa Rizkiano, Head of Original Equipment (OE), Bridgestone Indonesia, dalam membeli ban bekas, mengecek kondisi fisik secara teliti sangatlah penting.

Fisa mengatakan kepada virprom.com, Senin (26/08/2024), “Meski tinggi tapak masih tebal dan terlihat bisa diservis, namun jangan lupa untuk mengecek bekas tambalan dan keausan yang tidak rata,” kata Fisa kepada virprom.com, Senin. (26/08/2024).

Menurutnya, goresan tersebut menjadi indikator utama bagaimana ban tersebut digunakan dan dirawat oleh pemilik sebelumnya.

“Dinding ban harus diperiksa apakah ada yang menggumpal, bekas benturan keras atau terpotong. Retak atau kerusakan pada dinding ban dapat menyebabkan ban rusak saat digunakan sehingga dapat mengganggu keselamatan berkendara,” lanjut Fisa.

Selain itu, Fisa juga menekankan pentingnya pemeriksaan internal terhadap ban, termasuk plies dan inner liner.

Baca selengkapnya: Mobil Listrik Suzuki eVX Meluncur Awal 2025

Bagian dalam ban, termasuk pelek dan lapisan dalam, juga harus diperiksa dengan cermat. Manik yang bengkok atau kelainan pada lapisan dalam ban bisa menjadi tanda bahwa ban mengalami tekanan tidak normal atau kerusakan bagian dalam yang tidak terlihat. Dari luar,” jelasnya.

Dengan mengecek ciri-ciri tersebut, pembeli bisa yakin bahwa ban bekas yang dipilihnya masih dalam kondisi aman dan layak pakai. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://vvv.vhatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top