Di Acara Polri, Wapres Harap Ada “Vaksin” untuk Hadapi Serangan Siber

JAKARTA, virprom.com – Wakil Presiden (Wapres) Indonesia Ma’ruf Amin mengatakan ancaman digital yang menyasar data pribadi nasional dan masyarakat memerlukan penanganan progresif oleh negara melalui kerja sama Polri dan lembaga lainnya.

Hal itu disampaikan Wapres dalam praktik pada Seminar Siswa Sekolah Staf Pendidikan Reguler dan Pimpinan Tinggi (SESPIMTI) (DIKREG) POLRI ke-33 Tahun 2024, Kamis (8/8/2024).

Wakil Presiden mengatakan serangan siber terbaru menjadi perhatian khusus pemerintah. Pasalnya, keamanan siber menjadi salah satu pilar utama pengembangan ekonomi digital nasional.

“Mengupayakan langkah-langkah inovatif dan komprehensif yang dapat menjadi ‘vaksin’ terhadap segala serangan siber. Hilangkan sekat-sekat birokrasi yang kaku karena kita semua bekerja dalam kerangka NKRI,” kata Wapres.

Baca Juga: BSSN dan Huawei Latih 500 Personel TNI AU Bidang Keamanan Siber

Dalam pemaparannya, Ma’roof Amin juga menekankan pentingnya daya tanggap dalam mengatasi keluhan masyarakat. Posisi ini harus dipimpin oleh semua kebijakan sumber data manusia (SDM) nasional di semua tingkatan.

“Meningkatkan kemampuan sumber daya manusia di bidang siber agar lebih tanggap dan tanggap terhadap pelaporan publik. “Melatih personel Polri mulai dari tingkat Mabes hingga tingkat Polsek dengan melibatkan unsur-unsur terkait,” kata Wapres.

Tak hanya itu, orang nomor dua Indonesia itu juga mengingatkan agar Polri sebagai lembaga yang menjalankan fungsi perlindungan dan pengaturan masyarakat harus bisa menerima informasi dari masyarakat yang dilayaninya. Hal ini harus dilakukan guna terus meningkatkan kinerja dan kredibilitas Polri.

“Dengarkan saran kritik masyarakat dan tindak lanjuti sesuai prosedur yang ada. “Aspirasi masyarakat tersebut menjadi penyemangat untuk memberikan pelayanan keamanan dan penegakan hukum yang lebih baik ke depan,” kata Wapres. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top