Hasto: Ada Keinginan Bapak Jokowi Duduki Posisi Ketum PDI-P

Jakarta, virprom.com – Sekretaris Jenderal PDI-P (Sekijan) Histo Cristianto menuding Presiden Joko Widodo ingin mengambil alih Partai Lonceng.

Menurut Hasto, ada seorang menteri yang menyampaikan keinginan tersebut kepada Jokowi.

“(Menteri) menyampaikan keinginannya untuk mengambil alih kepemimpinan PDI Perjuangan dari Pak. Pak Jokowi, saya sudah informasikan ke masyarakat,” kata Histo saat ditemui di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Kamis (15/8). 8/2024).

Hastu ditanya soal pernyataan Ketua Umum PDI-P Megawati Sukarnoputri yang menyebut kelompok tersebut ingin menduduki posisi puncak pimpinan partai.

Baca juga: Tanggapan Megawati terhadap PDI-P, Projo: Mau Salahkan Pak Jokho?

Hasto mengatakan, sebelum Airlinga Hartartu mengundurkan diri sebagai Ketua Umum Partai Golkar, cerita tersebut beredar luas.

Setelah beberapa waktu, rumor tersebut terkonfirmasi. Airlinga mengundurkan diri dan mengatakan Bahlil Lahadalia akan menggantikannya.

“Jadi, apa yang Ny. Megawati Sukarnoputri,” kata Hasto.

Ia mengatakan, Megawati bukan hanya Ketua Umum PDI Perjuangan. Ia merupakan putri dari Sukarno, presiden pertama Republik Indonesia yang mendeklarasikan kemerdekaan.

Megawati juga mengadvokasi dan terlibat dalam perlawanan terhadap rezim otoriter pada masa Orde Baru.

Karena itu, kata Hasto, pimpinan PDI Perjuangan itu akan melakukan perlawanan jika ada kelompok, baik langsung maupun tidak langsung, yang menggunakan kekuasaannya untuk mengganggu makan di partai.

Baca juga: Golkar Tegaskan Jokowi Tak Punya Gadis di Partainya

Saat ini independensi partai dijamin undang-undang.

“Sekarang seluruh komponen partai siap membela Bu Mega dan segala gagasannya dengan sekuat tenaga, kekuatan fisik dan mental,” kata Histo.

Diberitakan sebelumnya, Ketua Umum PDI-P Megawati Sukarnopootri memastikan akan kembali menjabat Ketum PDI-P periode depan.

Hal itu ia lakukan saat mengaku mendengar ada upaya pengambilalihan PDI Perjuangan.

Awalnya Megawati bergurau bahwa dirinya kolot.

Mengingat usianya, ia seharusnya pensiun dan melepaskan jabatan ketua umum partai.

“Saya orang tua lho, betul. Umur saya 77 menurut undang-undang, saya sudah pensiun lho,” kata Megawati dalam sambutannya di kantor DPP PDI Perjuangan, Jalan Diponegoro, Menteng Say di Jakarta Pusat, Rabu (14/8/2024) Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top