Tampak di Rekaman CCTV, Tentara Israel Lakukan Pelecehan Seksual pada Tahanan Palestina

TEL AVIV, virprom.com – Sebuah saluran televisi Israel menayangkan rekaman CCTV yang diduga memperlihatkan tentara Israel (IDF) melakukan pelecehan seksual terhadap seorang tahanan Palestina.

Video tersebut juga memperlihatkan puluhan narapidana tertelungkup di lantai dengan tangan di belakang kepala.

Tampaknya salah satu tahanan dibawa ke sudut tersembunyi dan tiga tentara menggunakan perisai untuk menghalangi pandangan.

Baca juga: 3 Serangan Yaman Sasar Kapal Dagang

Sementara itu, sekitar satu meter jauhnya, terlihat seekor anjing militer menggonggong keras ke arah napi.

Insiden tersebut, yang terjadi di penjara Sde Teiman pada bulan Juli, mendapat kecaman keras dari Gedung Putih karena dianggap “sangat meresahkan” dan harus diselidiki sepenuhnya.

Ketika ditanya tentang video tersebut, juru bicara Departemen Luar Negeri AS Matthew Miller mengatakan: “Kami telah melihat video tersebut dan laporan pelecehan seksual terhadap para tahanan sangat mengerikan. Hal ini harus diselidiki sepenuhnya oleh pemerintah Israel.”

“Seharusnya tidak ada toleransi terhadap pelecehan seksual, pemerkosaan terhadap narapidana mana pun, titik,” tegasnya, dilansir Sky News, Jumat (9/8/2024).

“Jika seorang tahanan mengalami pelecehan seksual atau pemerkosaan, pemerintah Israel, IDF, harus menyelidiki sepenuhnya tindakan tersebut dan meminta pertanggungjawaban siapa pun sesuai hukum yang berlaku,” katanya.

PBB juga menyerukan penyelidikan, merujuk pada serangkaian video dalam beberapa bulan terakhir yang menunjukkan pelanggaran serius terhadap hak-hak warga Palestina yang dipegang oleh Israel, termasuk perlakuan buruk, penyiksaan, kekerasan seksual, dan pemerkosaan.

Fasilitas tersebut, di wilayah Negev Israel, menampung banyak warga Gaza yang dicurigai terlibat atau memberikan bantuan dalam serangan 7 Oktober 2023.

Mereka ditahan tanpa tuduhan, dijaga oleh pasukan cadangan IDF dan polisi militer, dan tidak memiliki akses terhadap pengacara.

Dalam beberapa minggu terakhir, ada laporan beberapa narapidana diperkosa oleh sipir.

Baca juga: Tank Israel Serang Sejumlah Kota di Gaza, 34 Warga Palestina Tewas

Kerusuhan pecah dan penjara diserbu oleh kelompok sayap kanan Israel yang menuntut pembebasan sembilan tentara yang ditangkap karena dicurigai melakukan pelecehan.

Sky News telah menghubungi IDF untuk mengomentari video tersebut. Dengarkan berita terkini dan kumpulan berita langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses Saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top