Waktu Pas Ganti Minyak dan Seal Rem pada Motor Matik

SOLO, virprom.com – Pentingnya merawat langsung sistem rem sepeda motor untuk menjaga keselamatan saat berkendara. Sebab jika tidak diperhatikan dapat mengakibatkan menurunnya performa rem dan dapat mengakibatkan rem blong terutama pada turunan.

Andre, pemilik bengkel Dhinata Jaya, Wonogiri, mengatakan saat menuruni tanjakan, sepeda motor self-propelled hanya mengandalkan rem, berbeda dengan sepeda motor manual yang memiliki rem mesin.

Hal ini menyebabkan gesekan antara kampas rem dengan cakram terus menerus dan menyebabkan minyak rem menjadi panas sehingga kinerja rem kurang baik atau bisa dikatakan gagal, kata Andre kepada virprom.com, Jumat (16/8). 2024).

Baca Juga: BMW Motorrad Indonesia Perkenalkan Tiga Model Barunya

Andre juga mengatakan, rem blong bisa terjadi karena adanya masalah pada komponen rem sepeda motor itu sendiri.

Bisa jadi sil utama sudah aus atau minyak rem rusak, kata Andre.

Ia juga menjelaskan, jika dilakukan perawatan rutin, penggantian kampas rem dan cakram bisa mengurangi masalah rem blong, namun kecil kemungkinannya.

Bisa saja, tapi kecil kemungkinannya, penyebab paling umum terjadinya bling adalah master seal atau minyak rem, kata Andre.

Baca juga: Wuling Andalkan Kendaraan Listrik di BCA Expo 2024

Andre mengatakan minyak rem sebaiknya diganti setiap 20.000-25.000 Km. Pada saat yang sama, segel utama tidak memiliki jadwal penggantian yang teratur.

Misalnya remnya keras atau tuas rem tidak berputar dengan baik, itu tandanya sudah waktunya untuk mengganti sil, kata Andre.

Perawatan yang tepat dan teratur akan membantu menjaga sistem pengereman otomatis sepeda motor Anda tetap berfungsi dengan baik dan menjamin keselamatan berkendara. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses Saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top