Pemerintah Bakal Cek Kekurangan dan Evaluasi Penyelenggaraan Haji

JAKARTA, virprom.com – Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Manco PMK) Mohdjir Efendi mengaku pada 3 Juli 2024, dirinya akan terbang ke Arab Saudi untuk mengecek dan menilai kekurangan dalam pelaksanaan ibadah haji tahun ini.

Nanti sekitar tanggal 3 Juli saya akan datang ke sana untuk mengecek dan menilai kekurangan yang ada, kata Mohdjir di Gedung Perdana Menteri di Kamanko, Rabu (19 Juni 2024).

Selain itu, kata Mohdjir, kunjungan tersebut juga bertujuan untuk memastikan pasokan daging kurban dari Arab Saudi ke Indonesia.

Baca juga: Tenda Jemaah Haji Bermasalah, Menko PMK: Saya Tegur Mereka Perhatikan

Dagingnya berasal dari hewan kurban yang disumbangkan jamaah Indonesia pada saat menunaikan ibadah haji.

“Hal ini juga untuk memastikan bahwa pada tahun ini kami akan mulai mengirimkan daging kurban jamaah haji Indonesia kembali ke Indonesia dalam bentuk daging olahan yang diawetkan. Nanti saya akan cek tempat produksinya,” kata Mohdjir.

Seperti diberitakan, Ketua Timwas Haji DPR RI, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin mengungkapkan, banyak pemberitaan terkait berbagai permasalahan terkait penyelenggaraan haji 2024.

Salah satu masalah utama yang dilaporkan adalah pendingin ruangan (AC) tidak berfungsi di banyak tempat.

Banyak laporan yang masuk. Yang pertama AC tidak berfungsi di mana-mana, kata Gus Muhaimin di Mina, Arab Saudi, Minggu malam waktu Arab Saudi (16 Juni 2024).

Selain masalah AC, Gus Mohimin juga mencatat tenda jemaah Indonesia sudah melebihi kapasitas.

Baca juga: Menag Tanggapi Penilaian Haji Tamwas Terkait Kegagalan AC dan Melebihi Kapasitas Tenda

 

Menurut dia, tenda yang disediakan tidak mampu menampung jumlah jamaah dan tidak dilengkapi kasur yang memadai.

“Kemudian kapasitas tenda berlebih, tidak ada kasur. Itu semua perlu diperhitungkan,” tuturnya.

Tim haji DPR RI juga menemukan penataan tenda kolektif tidak sesuai dengan maktab yang telah ditetapkan.

Kek Aymin juga mengungkapkan adanya keterlambatan angkutan bus yang membawa jemaah haji dari tempat tinggalnya menuju Arafa.

Pengiriman penjemputan yang dijadwalkan pada pagi hari sempat tertunda hingga sore dan malam hari. Hal tersebut tentu mengganggu kenyamanan dan kelancaran ibadah masyarakat.

Beberapa temuan Timwas nanti akan dievaluasi.

Timwas Haji DPR juga berencana membentuk panitia khusus (pansus) yang akan mengevaluasi pengaturan tersebut dan mencari solusi terbaik untuk meningkatkan kualitas pelayanan haji ke depan. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top