Jubir Penindakan KPK Diganti, Nawawi: Penyegaran

JAKARTA, virprom.com – Ketua Sementara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nawawi Pomolango mengatakan pihaknya mengganti Juru Bicara Lembaga KPK dan Juru Bicara Lembaga KPK Ali Fikri sebagai upaya penyegaran.

Nawawi mengaku tidak setuju jika Ali Fikri dicopot dari jabatan ketua. Sebab, jabatan yang disandangnya adalah Pejabat Pelaksana Tugas (PLT). Fungsi definitif Ali adalah memimpin bagian pemberitaan KPK.

“Mas Ali sudah lama menjadi penjabat pembicara menggantikan Mas February Diansiah saat itu,” kata Nawawi saat dihubungi virprom.com, Jumat (6/7/2024).

Navawi mengatakan, BPK menilai banyak pegawai lembaga antirasuah yang memiliki bakat dan kompetensi dalam berkomunikasi dengan masyarakat.

Baca Juga: KPK Gantikan Juru Bicara Penegakan Hukum Ali Fikri

Oleh karena itu, komite antikorupsi memberikan kesempatan kepada staf lain untuk menjadi juru bicara lembaga tersebut.

“Jadi tidak ada salahnya jika kita berencana untuk ‘jajan’,” Navawi.

Secara khusus, Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Johannis Tanak mengatakan saat ini pimpinan lembaga antirasuah telah menunjuk juru bicara definitif bernama Tessa Mahardhika Sugiarto.

Berdasarkan catatan virprom.com, Tessa berstatus penyidik. Hal itu disampaikan dalam konferensi pers kasus korupsi anggota Komisi II DPR RI Miryam S Haryani pada 1 Mei 2017.

Saat ini Miryam berstatus tersangka kasus pembangunan gedung Institut Dalam Negeri Pemerintahan (IPDN) di Gowa, Sulawesi Selatan (Sulsel), Dudy Jocom.

Baca Juga: Wakil Ketua KPK: Kaji Ulang KPK Hanya Tipuan Jika Presiden Bertekad Berantas Korupsi

Saat itu, Tessa tampil di depan publik bersama Juru Bicara KPK Febri Diansyah.

Tessa juga tercatat ikut serta dalam seleksi Direktur Koordinasi dan Supervisi Wilayah I KPK pada tahun 2023.

Saat itu, jabatan ahli perantara fungsional dijabat oleh penyidik ​​tindak pidana korupsi.

Saat ini Ali menjabat Jaksa Penuntut Umum (KPU) Kejaksaan Agung. Sebelumnya, ia banyak menangani kasus korupsi di pengadilan yang ditangani BPK. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan WhatsApp sudah terinstal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top