Arti Kata Sigma di Media Sosial, Bahasa Gaul yang Identik dengan Kepribadian Orang

virprom.com – Istilah sigma sering digunakan oleh para pengguna media sosial. Beberapa di antaranya sering ditemukan di TikTok dan X/Twitter.

Bagi sebagian pengguna, istilah tersebut dikaitkan dengan sesuatu yang berkaitan dengan kepribadian atau karakter seseorang yang dianggap berbeda dari orang kebanyakan.

Sigma biasanya diasosiasikan dengan seseorang yang mandiri, tidak terpengaruh oleh norma-norma sosial, serta memiliki pemikiran dan tindakan yang unik.

Untuk mengulas lebih jauh pengertian sigma yang sering muncul di media sosial, berikut penjelasan KompasTekno.

Baca Juga: Arti Kata BOP, Istilah Gaul yang Sering Digunakan di Media Sosial

Menurut halaman kamus, sigma adalah huruf ke-18 dalam alfabet Yunani. Sigma besar ditulis dengan simbol Σ, sigma kecil ditulis σ, dan ada juga varian khusus yang ditulis ς di akhir kata.

Sigma huruf Yunani diubah menjadi huruf Inggris S. Di beberapa subkultur laki-laki, huruf alfabet Yunani digunakan untuk menciptakan hierarki sosial di antara laki-laki, seperti laki-laki alfa, beta, gamma, delta, dan omega.

Oleh karena itu, Sigma sering disamakan dengan laki-laki di media sosial atau sering dijumpai dengan istilah “Sigma laki-laki”.

Istilah “Sigma Male” diciptakan oleh aktivis sayap kanan dan penulis Theodore Robert Beale, yang dikenal dengan nama samaran Vox Day.

Beal mulai menggunakan istilah tersebut pada Januari 2010, ketika dia menjelaskannya di blognya. Dalam konsep ini, laki-laki alfa digambarkan sebagai sosok yang agresif, mudah bergaul, dan ramah.

Berbeda dengan laki-laki Sigma, mereka digambarkan sebagai individu yang berhasil dalam hidup dan hubungan tanpa berpartisipasi aktif dalam interaksi sosial. Laki-laki Sigma dikenal sebagai orang yang introvert dan menjauhi masyarakat normal, namun mereka tetap sukses dan populer di masyarakat. 

Istilah “sigma laki-laki” relatif tidak dikenal selama sisa dekade ini. Istilah ini terutama digunakan oleh pengikut Beale dan anggota komunitas manosfer lainnya yang menciptakannya.

Pada tahun 2014, penulis John Alexander menggunakan istilah tersebut dalam judul buku nasihat hubungan yang ditulisnya, “The Sigma Male: What Women Benar-benar Inginkan.”

Nah saat ini, dalam konteks media sosial, banyak pengguna yang menggunakan istilah tersebut untuk menggambarkan sikap anti-mainstream dan sering dianggap sebagai simbol kebebasan pribadi.

Dapat dikatakan bahwa “sigma male” adalah orang yang lebih tertutup, tidak terikat oleh struktur sosial dan cenderung menjalani hidup dengan caranya sendiri.

Meski tidak menginginkan perhatian atau persetujuan dari orang lain, pria Sigma sukses dalam karier dan hubungan, dan sering kali dianggap menarik oleh wanita karena sifat mandiri mereka.

Inilah arti kata sigma yang sering dijumpai di media sosial. Namun penggunaan istilah sigma seringkali bergantung pada sudut pandang masing-masing pengguna, yang mungkin berbeda antara satu platform dengan platform lainnya.

Baca Juga: Arti Kata FLOP, Istilah Gaul yang Sering Digunakan di Media Sosial

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Yuk gabung di channel WhatsApp KompasTekno.

Untuk melakukan ini klik tautan ini https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a. Pertama-tama Anda harus menginstal aplikasi WhatsApp di ponsel Anda.

  Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top