Bekal Apa yang Cocok untuk Sekolah? Berikut Rekomendasi Ahli Gizi…

virprom.com – Mendapatkan perlengkapan sekolah untuk anak bisa menjadi tantangan bagi sebagian orang tua.

Orang tua harus cermat dalam memilih menu yang tidak hanya enak tetapi juga bergizi lengkap untuk memenuhi kebutuhan gizi dan menunjang aktivitas sekolah anaknya.

Baca Juga: Jangan Sepelekan, 3 Alasan Orang Tua Perlu Menyediakan Perlengkapan Sekolah untuk Anaknya, Lalu Peralatan Mana yang Cocok untuk Sekolah?

Ahli Gizi Esti Nurwanti, S.Gz, RD, MPH, Ph.D menjelaskan, anak membutuhkan protein, serat, dan vitamin penting dalam menu makan siangnya.

Ia menegaskan, penyediaan makanan bergizi dapat mempengaruhi status gizi anak.

“Ketika anak tidak mengonsumsi nutrisi penting seperti protein, serat, dan vitamin, maka pertumbuhan fisik dan perkembangan otaknya terhambat,” kata Esti, seperti ditulis Antara, Rabu (22/8/2024).

Anak-anak yang rutin mengonsumsi makanan tinggi gula dan lemak jenuh juga berisiko mengalami obesitas atau bahkan gizi buruk karena kekurangan nutrisi penting, lanjut Esti.

Parahnya lagi, kebiasaan mengonsumsi jajanan dengan bahan pengawet dan pewarna buatan meningkatkan risiko penyakit jangka panjang seperti diabetes tipe 2 dan gangguan metabolisme.

Untuk itu, orang tua bisa mencoba menyiapkan perlengkapan sekolah yang sederhana namun bergizi untuk anaknya.

Misalnya, merebus telur, memotong sayuran, atau menggunakan makanan beku yang sehat dapat menghemat waktu tanpa mengorbankan kualitas gizi anak Anda.

Baca Juga: Kahlil Gibran Sebut Mie Bisa Gantikan Nasi untuk Makanan Bebas Nutrisi, Begini Kata Ahli Gizi

Untuk memastikan pola makan anak tetap bergizi dan menggugah selera, penting untuk fokus pada pola makan seimbang yang mencakup karbohidrat kompleks, protein berkualitas tinggi, lemak sehat, serta vitamin dan mineral yang cukup.

Karbohidrat dari nasi merah, roti gandum atau kentang memberikan energi berkelanjutan. Sementara itu, protein dalam telur, ayam, atau tahu membantu perkembangan otot dan otak.

“Jangan lupakan lemak sehat dari alpukat atau kacang-kacangan, serta vitamin dan mineral dari sayur dan buah segar agar anak tidak bosan, perlu juga diperhatikan perubahan rasa dan tekstur yang bisa dilakukan dengan mencampurkan buah-buahan. , “rasa asin dari protein dan kerenyahan dari sayuran segar bisa membuat makan siang menjadi sangat menarik,” tambah Estee.

Misalnya, brokoli rebus yang renyah bisa dipadukan dengan telur dadar kecil yang lembut. Tampilan bekal makan siang juga dapat meningkatkan nafsu makan anak.

Menggunakan warna alami dari buah-buahan dan sayuran serta menata makanan menjadi karakter yang lucu bisa menjadi cara yang bagus untuk membuat anak Anda tertarik pada makan siang.

Beberapa contoh inspirasi menu makan siang antara lain nasi gulung ayam dan sayur, omelet sayur kecil, serta buah segar seperti stroberi dan anggur.

Anda juga bisa menambahkan camilan sehat seperti keju atau almond untuk nutrisi tambahan.

Baca selengkapnya: Seperti apa menu makan siang sehat untuk anak? Inilah yang dikatakan dokter

Setelah menyimak anjuran ahli gizi Esti, para orang tua tak lagi kebingungan dalam memilih perlengkapan yang tepat untuk anaknya di sekolah.

Ayah dan ibu juga bisa berkonsultasi ke dokter spesialis untuk menyesuaikan menu makan siang jika anaknya memiliki kondisi kesehatan tertentu seperti alergi makanan. Dengarkan berita terkini dan pilihan teratas kami di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda dan kunjungi saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top