Tak Hadir Tes Tertulis, 4 Calon Dewas KPK Dinyatakan Gugur

JAKARTA, virprom.com – Empat calon Dewan Pengawas (Diwas) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) periode 2024-2029 ditolak setelah tidak hadir dalam ujian tertulis (Rabu (31/7)/2024).

Anggota Panitia Pemilihan (Pansel) KPK Am. Ambeg Paramarta mengatakan dalam tes tertulis ini, ada 146 calon Dewas KPK yang tidak lolos seleksi administrasi.

Namun yang mengikuti tes tertulis di Pusat Pengembangan Keterampilan ASN Sekretariat Negara hanya berjumlah 142 orang.

Baca Juga: Daftar 146 Calon Calon Dewas KPK

Dari 146 calon yang mengikuti tes tertulis calon Dewan Pengendali KPK, sebanyak 142 orang mengikuti tes tersebut. Dalam siaran persnya, Rabu (31/7/2024), Paramartha mengatakan, “Total pesertanya 126 laki-laki dan 16 wanita. “

Sebaliknya, empat kontestan lainnya tidak mengikuti proses seleksi tanpa memberikan informasi apapun kepada Paramarta Pancel. Oleh karena itu, keempat orang tersebut tidak akan bisa melaju ke babak selanjutnya.

Paramartha mengatakan, “Adapun 4 orang yang tidak hadir, sama saja dengan Kapim, artinya didiskualifikasi. Mereka tidak memberi tahu alasannya, tidak datang.”

Baca Juga: Majelis Angket Sebelumnya Ingatkan Pilih Inspektur KPK Tanpa Melanggar Perilaku

Hasil ujian tertulis ini dikaji oleh para ilmuwan dan pakar dari beberapa institusi yang direkrut panitia.

Pemberitahuan Tes Tertulis Calon Dewas KPK akan dipublikasikan pada tanggal 8 Agustus 2024 di website Sekretariat Kementerian Negara (www.setneg.go.id) dan website Komisi Pemberantasan Korupsi (www.kpk.go.id).

Sebelumnya, Pansel melakukan tes tertulis terhadap calon KPK periode 2024-2029 sejak pagi hingga siang hari pada Rabu (31/7/2024).

Anggota Pansel KPK 2024-2029 Elvi Danil lolos tes tertulis hanya dari 229 calon KPK yang terdiri dari 214 laki-laki dan 15 perempuan.

Pada Rabu (31/7/2024), dari 236 calon yang mengikuti tes tertulis pimpinan KPK di Pusat Pengembangan Profesi Jurnalis SN Kementerian, sebanyak 229 orang dinyatakan lolos tes tertulis. .

Baca Juga: KPK Mulai Tes Tertulis Calon Devas: Benny Mamoto dan Harjono

Sedangkan tujuh pimpinan senior KPK lainnya tidak hadir dalam tes tertulis tersebut. Oleh karena itu, tujuh orang langsung didiskualifikasi dan tidak dapat mengikuti pemilu putaran berikutnya.

“Bagi yang tidak berpartisipasi akan didiskualifikasi dari kompetisi. “Kalau tidak muncul, mereka langsung tahu keluar dari perlombaan,” kata Elvi.

Hasil Ujian Tertulis Kapim KPK Tahun 2024-2029 akan diumumkan pada 8 Agustus 2024. Dengarkan berita dan pembaruan terkini kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran perpesanan favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan WhatsApp sudah terinstal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top