KPK Dalami Alokasi LNG PT Pertamina untuk Pasar Indonesia

JAKARTA, virprom.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tengah mendalami peredaran gas alam cair (LNG) PT Pertamina (Persero) di pasar dalam negeri.

Juru Bicara KPK, Tessa Maherdhika Sugiarto mengatakan, hal itu sudah didalami penyidik ​​saat memeriksa Kepala Bidang Niaga Migas Kementerian ESDM periode 2015-2018. Alfansyah, Jumat (19) lalu. /7/2024).

“(Alfansyah) ada di sana. Yang diteliti terkait distribusi LNG dalam negeri di Indonesia,” kata Tessa dalam keterangannya kepada wartawan, Senin (22/7/2024).

Namun Tessa tidak membeberkan lebih detail mengenai distribusi LNG di pasar domestik.

Baca Juga: KPK Periksa Eks Karyawan Perusahaan Jepang di Kasus PT Pertamina LNG

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan dua tersangka berinisial YA dan HK terkait dugaan korupsi pembelian LNG dari PT Pertamina (Persero).

Kasus korupsi tersebut merupakan lanjutan dari kasus korupsi yang melibatkan Galaila Karen Kardinah alias Karen Agustiawan, mantan Direktur Utama PT Pertamina.

Dalam kasus sebelumnya, Karen dinyatakan bersalah melakukan penipuan dengan menandatangani perjanjian pembelian LNG dengan Corpus Christi Liquefaction, LLC, perusahaan yang berbasis di Texas, AS.

Baca Juga: Usai diperiksa Komisi Pemberantasan Korupsi, Dahlan Iskan menyebut pembelian LNG Pertamina tidak dilakukan melalui RUPS di masa Karen menjabat.

Jaksa Penuntut Umum KPK (JPU) menyebut perbuatan melawan hukum tersebut dilakukan oleh Karen dan dua petinggi PT Pertamina lainnya, Yenni Andayani (YA) dan Hari Karyuliarto (HK).

Yenni pernah menjabat sebagai Vice President (SVP) Gas & Power di PT Pertamina 2013-2014 dan menjabat sebagai Pejabat Pelaksana Tugas (Plt) PT Pertamina.

Saat ini Hari menjabat Direktur Gas PT Pertamina pada tahun 2012 hingga 2014. Akibat ulah mereka tersebut, negara dirugikan sebesar 113.839.186 juta dolar atau setara dengan 113,8 juta dolar AS. Dengarkan berita terpopuler dan pilihan berita kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran media favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top