Istana Masih Susun Formasi Menteri yang Hadiri Upacara di IKN dan Jakarta

JAKARTA, virprom.com – Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Yusuf Permana mengatakan, menteri akan dibentuk untuk mengikuti Upacara Peringatan Kemerdekaan RI di Ibu Kota Nusantara (IKN) selama Jakarta masih diselenggarakan.

Ia mengatakan, pembentukan menteri yang hadir pada upacara di IKN dan Jakarta tersebut disusun berdasarkan pertimbangan teknis dan tanggung jawab masing-masing menteri.

Ya, masih direncanakan (dibentuk), kata Yusuf di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (8/8/2024).

Yusuf menyarankan, menteri yang hadir pada upacara IKN adalah orang yang pekerjaannya bersinggungan dengan pengembangan IKN.

Baca juga: Digelar Hybrid, Upacara di IKN dan Jakarta akan digabung

“Kami usulkan dari bawah, kami usulkan menteri yang akan datang ke IKN, yaitu Kraton Merdeka di Jakarta, berdasarkan pertimbangan praktis IKN dan Kraton Merdeka. Jadi misalnya Menteri PUPR, Menteri Perhubungan IKN,” ujarnya.

Meski demikian, Yusuf memastikan jumlah menteri yang akan menghadiri upacara di IKN akan sama dengan di Istana Merdeka Jakarta.

“Nanti tentunya kita akan menata dengan baik pembagian menteri agar seimbang antara IKN dan Kraton Merdeka,” ujarnya.

Yusuf juga memastikan para menteri yang ditunjuk untuk menghadiri upacara di Kraton Merdeka tidak akan merasa ketinggalan karena ikut terbawa suasana gembira merayakan kemerdekaan Indonesia.

Baca Juga: Jokowi Akan Hadiri Gladi Bersih Upacara HUT RI 14 Agustus IKN

“Tidak (tentu saja saya tidak merasa tersisih). Semua orang dalam suasana gembira, suasana gembira menyambut Hari Kemerdekaan Indonesia,” imbuhnya.

Seperti diketahui, upacara peringatan Hari Republik (RI) ke-79 akan digelar secara hybrid di dua lokasi sekaligus, yakni Halaman Gedung Negara IKN dan Halaman Kraton Merdeka, Jakarta.

Upacara di IKN akan dipimpin oleh Presiden Joko Widodo selaku Inspektur Upacara, didampingi Presiden terpilih Prabowo Subianto.

Upacara tersebut akan dipimpin oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin di Istana Merdeka, Jakarta, didampingi Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka. Dengarkan berita terbaru dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top