Tanpa Alat, Ini Cara Mudah Mengetahui Ban Mobil Kurang Tekanan Udara

Jakarta, virprom.com – Kebanyakan pemilik mobil cenderung mengabaikan kondisi bannya. Padahal hal tersebut erat kaitannya dengan masalah kenyamanan dan keamanan selama perjalanan.

Bahkan hal kecil seperti pengisian tekanan udara secara rutin seringkali terlupakan. Penyebabnya banyak, namun yang paling umum adalah tidak adanya alat ukur.

Kondisi ini sebenarnya bisa diatasi, meski tanpa memerlukan alat. Caranya adalah dengan mengetahui tanda-tanda umum ban Anda memiliki tekanan udara rendah.

Baca Juga: Benarkah Umur Pemakaian Saluran Rem Mobil Lebih Pendek?

Menurut Fisa Rizkiano, Vice President Original Equipment (OE) Bridgestone Indonesia, tidak mudah untuk mengenali ban yang tekanan anginnya rendah, terutama yang menggunakan tekanan angin rendah.

“Cara termudah adalah perasaan.” Karena secara visual sulit mengetahui ban kekurangan tekanan udara,” kata Fisa saat dihubungi virprom.com, Jumat (7/5/2024).

Fisa menjelaskan, saat Anda sedang berkendara dan merasakan mobil terangkat sedikit ke satu arah, itu tandanya tekanan angin ban kurang.

Selain itu, pemompaan ban seiring berkurangnya tekanan udara dapat menyebabkan mobil menjadi tidak responsif saat menikung.

Baca Juga: Batas Maksimum Ban Yang Boleh Ditambal

Artinya pergerakan mobil terkesan memakan waktu sedikit lebih lama dari biasanya.

Atau Anda merasa berat saat mengemudi dan berkurang kelenturannya, maka segera periksa tekanan ban. Oleh karena itu penting untuk menyesuaikan feeling awal kita dalam berkendara dan coba latih kepekaan kita, kata Fisa. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://vvv.vhatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top