Apa Itu Spatial Audio yang Biasa Tersedia di TWS? Begini Fungsinya

virprom.com – Sebagian besar pengguna mungkin pernah mendengar tentang Spatial Audio, sebagai salah satu fitur yang ditawarkan di banyak earphone Bluetooth atau TWS (True Wireless Stereo).

Suara spasial menjadi fitur unggulan pada sebagian besar TWS saat ini dan tak jarang banyak pengguna yang mencarinya. Selain TWS, Spatial Audio sebenarnya juga hadir di gadget terbaru lainnya, seperti smartphone, smart TV, dan headset VR.

Baca juga: Berapa Refresh Rate 120 Hz di Ponsel dan Kegunaannya

Tak heran jika fitur Spatial Audio banyak dicari pengguna karena mampu meningkatkan pengalaman audio. Jadi, apa sebenarnya Audio Spasial itu?

Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, silahkan simak penjelasan di bawah ini mengenai fitur Spatial Audio yang saat ini tersedia di TWS. Apa itu Audio Spasial?

Suara spasial merupakan teknologi pemrosesan audio yang dapat memanipulasi suara dari suatu perangkat untuk menghasilkan suara dengan efek 3D. Teknologi ini memungkinkan pengguna mendengar suara secara realistis.

Spatial Audio dapat menghasilkan suara dari berbagai arah, sehingga suara tersebut terasa seolah-olah berada di sekitar pengguna. Suara spasial merupakan pengembangan dari teknologi suara yang sudah ada sebelumnya.

FYI, dalam pengembangannya ada teknologi suara mono dan suara stereo. Suara mono hanya dapat menghasilkan suara satu arah. Kemudian teknologi suara stereo mampu menghasilkan suara yang lebih dinamis dibandingkan suara mono.

Suara stereo dapat menghasilkan suara dalam dua arah yang berbeda. Suara stereo dapat memisahkan suara secara horizontal, kanan dan kiri. Sementara itu, teknologi suara berkembang pesat di Spatial Audio.

Baca juga: Pelajari GPS dan Cara Kerjanya dengan Menampilkan Lokasi dan Rute

Suara spasial tidak hanya dapat menghasilkan suara dalam arah horizontal seperti suara stereo. Teknologi suara ini juga dapat menghasilkan suara dengan arah vertikal, atas dan bawah, lalu depan dan belakang.

Dengan menghasilkan suara ke arah yang lebih luas, Spatial Audio mampu membuat suara muncul di sekitar pengguna. Suara spasial kini banyak ditemukan pada perangkat audio seperti TWS.

Pada beberapa TWS, ditambahkan Spatial Audio dengan fungsi deteksi kepala yang mampu menghasilkan suara sesuai arah kepala pengguna. Misalnya ada suara yang datang dari depan, sehingga pengguna menoleh ke kanan.

Dengan deteksi kepala di Spatial Audio, suara yang semula berasal dari depan akan beralih terdengar dari sisi kiri, sesuai dengan arah kepala pengguna. Deteksi kepala di Spatial Audio memungkinkan TWS menghasilkan suara yang jauh lebih realistis. Fungsi suara spasial

Fitur Spatial Audio akan sangat terasa saat pengguna menggunakan TWS atau perangkat audio lainnya yang mendukung mendengarkan musik, bermain game, atau menonton film. Efek Audio Spasial dari aktivitas ini mungkin berbeda.

Namun dengan Spatial Audio, pengguna secara umum akan merasa seperti berada di tengah-tengah aktivitas. Misalnya saat bermain game, pengguna akan merasa seperti berada di tengah-tengah permainan.

Pengguna akan mengetahui arah suara langkah kaki dengan lebih jelas. Jika ada karakter atau lawan yang berlari dari depan, dengan Spatial Audio, pengguna juga bisa mendengar suara dari depan.

Pada game menembak atau First Person Shooters, Spatial Audio dapat membantu pengguna menemukan posisi lawan dari arah suara tembakan atau langkah kaki. Dengan Spatial Audio, pengguna dapat mendengar suara yang lebih kompleks dan realistis dalam game.

Baca Juga: Kenapa Desain Smartphone Sekarang Terlihat Hampir Sama?

Saat ini sudah banyak perangkat TWS yang mendukung Spatial Audio, seperti AirPods, Galaxy Buds, Redmi Buds dan lainnya. Di beberapa perangkat TWS, Spatial Audio terkadang disebut 360 Audio.

Meski berbeda namanya, fungsi ini secara umum memiliki kemampuan yang sama dalam menghasilkan suara dengan efek 3D. Itulah penjelasan mengenai Spatial Audio yang merupakan fitur yang sering ditemukan di TWS saat ini, semoga bermanfaat.

Dapatkan update berita teknologi dan gadget unggulan setiap hari. Yuk gabung di channel WhatsApp KompasTekno. Untuk melakukan ini, klik tautan https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a. Anda harus menginstal terlebih dahulu aplikasi WhatsApp di ponsel Anda. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses Saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top