Kepanasan, Seoul Alami Malam Tropis 26 Hari Berturut-turut, Terlama dalam Sejarah

 

SEOUL, virprom.com – Ibu kota Korea Selatan, Seoul, mengalami malam tropis ke-26 berturut-turut, menurut data resmi yang dirilis pada Jumat (16/8/2024).

Fenomena malam tropis terjadi ketika suhu tidak turun di bawah 25 derajat Celsius (77 Fahrenheit) di malam hari.

“Udara dingin tidak datang dari utara, dan karena kita dipengaruhi oleh sisi barat daya yang hangat, suhu selalu berkisar 25 derajat Celcius atau lebih,” kata Yun Ki-han, direktur departemen prakiraan meteorologi Seoul, kepada AFP. 

Baca juga: Seoul Terlalu Panas, Korea Selatan Alami Malam Tropis Selama 24 Hari Berturut-turut, Dekati Rekor Terlama

Suhu malam hari di Seoul mencapai di atas 25 derajat Celcius selama 26 hari berturut-turut, menandai kenaikan terpanjang sejak pencatatan cuaca modern dimulai pada tahun 1907, 118 tahun lalu.

Rekor tersebut cocok dengan rekor tahun 2018, namun Met Office menghitung rekor terbaru sebagai patokan.

Panas terik di Seoul diperkirakan akan terus berlanjut, mencetak rekor baru setiap hari hingga minggu depan, menurut Biro Metrologi Seoul.

Faktanya, gelombang panas tidak hanya mengancam Seoul,

Saat ini sebagian besar dunia sedang mengalami musim panas yang sangat terik.

Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres bulan lalu memperingatkan akan terjadinya “epidemi panas ekstrem” dan menyerukan tindakan untuk membatasi dampak gelombang panas yang semakin intensif akibat perubahan iklim.

Baca juga: Kisah Jurnalis BBC Naik Bus Self-driving di Seoul, Korea Selatan

  Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita yang diinginkan untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan aplikasi WhatsApp sudah terinstall.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top