Timwas Haji DPR RI Berencana Bentuk Pansus untuk Evaluasi Penyelenggaraan Ibadah Haji

virprom.com – Pantauan Tim Pengawasan Haji (Timwas) DPR RI mengungkapkan ada sejumlah kebijakan yang perlu diperbaiki untuk meningkatkan kualitas pelayanan haji. Oleh karena itu, Timwas Haji DPR RI berencana membentuk panitia khusus (Panzas) untuk mengevaluasi pelaksanaan ibadah haji tahun 2024.

Dia Pitaroka, anggota tim haji PDR RI, mengatakan akan dibentuk panitia khusus haji yang menangani berbagai aspek penting dalam penyelenggaraan ibadah haji. Ini termasuk biaya haji, anggaran, dan orang-orang yang terlibat dalam haji.

“Evaluasi ini tidak hanya bersifat preskriptif, tapi juga praktis, seperti biaya haji, petugas haji, dan pengelolaan keuangan haji,” ujarnya di Mekkah. “Kami memperbarui sistem ini hampir setiap tahun (menemukannya), tetapi waktunya sangat terbatas.” , berdasarkan informasi tertulis yang diterima virprom.com, Sabtu (15 Juni 2024).

Deer mengatakan Satgas Haji dapat mengatasi masalah ini dengan pendekatan multisektoral. Hal ini sejalan dengan isu politik haji yang melibatkan banyak kementerian.

Baca juga: Isu Kesehatan Haji Kisruh, Anggota DPR Ini Usul Pembentukan Panitia Khusus Haji

“Untuk perubahan kebijakan, diperlukan masukan dari berbagai variabel dan ruang dalam penyelenggaraan haji. Bisa jadi masukan dari sisi diplomasi kepada Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) dan Kementerian Perdagangan (“Masukan-masukan ini perlu kita kaji, ” jelasnya.

Selain itu, Deer mengatakan evaluasi Panitia Khusus Haji juga mencakup efisiensi anggaran. Ia berharap dengan adanya Satgas Haji, perbaikannya semakin mendalam dan menyeluruh.

“Keberadaan Pansus Haji memungkinkan kami memberikan masukan terhadap perubahan undang-undang haji dan evaluasinya dari segi efisiensi anggaran, bisa kami pertimbangkan lebih lanjut,” imbuhnya.

Panitia Khusus Haji diharapkan mampu memberikan solusi konkrit atas berbagai permasalahan yang dihadapi selama penyelenggaraan ibadah haji. Dengan begitu, kita bisa terus meningkatkan kualitas pelayanan haji bagi jamaah haji Indonesia di masa depan. Dengarkan berita terkini dan cerita yang dipilih dengan cermat langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda dan kunjungi saluran WhatsApp virprom.com di https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top