Telkom Group Hadirkan GPUaaS, Percepat Adopsi AI di Indonesia

virprom.com – Telkom Group melalui anak usahanya Telkomsel telah menggandeng operator seluler asal Singapura, Singtel, serta aliansi operator telekomunikasi di Asia, Afrika, Australia, dan Timur Tengah, Bridge Alliance, untuk menyediakan GPU- sebagai- a. -Layanan layanan (GPUaaS).

GPUaaS merupakan solusi yang memungkinkan perusahaan menggunakan kekuatan komputasi prosesor grafis (GPU) milik penyedia layanan melalui internet (cloud) dan teknologi 5G.

Layanan ini biasanya digunakan untuk mendukung aplikasi yang menggunakan teknologi kecerdasan buatan (AI), proses pembelajaran mesin, serta sistem data dan analisis kompleks yang dimiliki oleh perusahaan.

Dengan GPUaaS, perusahaan tidak perlu repot membeli GPU AI atau menyediakan infrastruktur GPU untuk menjalankan aplikasi, produk, model bisnis, dan kebutuhan terkait AI.

Baca Juga: Bisnis B2B Telkom Sumbang 45 Persen Pendapatan Menggunakan Teknologi Nvidia

Director Wholesale & International Service Telkom Indonesia Bogi Witjaksono menjelaskan GPUaaS bertujuan untuk memberdayakan bisnis di Asia Tenggara dengan pemanfaatan AI.

“Layanan ini diharapkan dapat memanfaatkan peluang pertumbuhan dan memenuhi kebutuhan pasar di Asia Tenggara yang semakin dinamis, termasuk Indonesia,” kata Bogi dalam keterangan yang diterima KompasTekno, Selasa (20/8/2024).

Secara teknis, solusi GPUaaS yang dihadirkan Telkomsel, Singtel dan mitranya mengandalkan GPU AI dari Nvidia, yakni GPU Nvidia H100 Tensor Core.

Meski tidak dijelaskan berapa jumlah GPU Nvidia H100 AI yang digunakan, namun diketahui satu unit Nvidia H100 mampu memiliki memori hingga 94 GB dan bandwidth hingga 3,9 TB/s, dengan kemampuan komputasi mencapai sepuluh hingga ribuan teraFLOPs. . .

Direktur Perencanaan dan Inovasi Telkomsel Wong Soon Nam mengatakan teknologi GPU Nvidia AI akan diintegrasikan ke dalam teknologi 5G.

Baca juga: Telkomsel Luncurkan 5G Mandiri Pertama di Indonesia

“Dengan memiliki GPUaaS dan konektivitas broadband 5G terluas dan tercepat, Telkomsel akan terus mendorong inovasi dan pertumbuhan ekonomi digital Indonesia dengan memimpin revolusi AI di Indonesia,” jelas Soon Nam. Rencana Pengembangan Lebih Lanjut

Layanan GPUaaS Telkom Group dan mitranya akan kembali dikembangkan pada pertengahan tahun 2025.

Selain AI GPU, solusi cloud dari Telkomsel ini juga akan didukung oleh server AI generasi berikutnya dan pusat data berkelanjutan yang hyper-connected. Untuk informasi lebih lanjut mengenai solusi GPUaaS yang akan dihadirkan Telkomsel, silakan lihat link di bawah ini. Dengarkan berita terkini dan pilihan berita kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses Saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top