Video Nmax Mogok Lalu Diderek Mobil, Bisa Berdampak ke CVT?

JAKARTA, virprom.com – CVT atau Continuously Variable Transmision merupakan sistem transmisi otomatis yang banyak digunakan pada sepeda motor saat ini. Namun, tidak semua orang memahami cara kerja sistem CVT.

Seperti yang Anda ketahui, sistem ini secara otomatis menghasilkan rasio reduksi berdasarkan kondisi putaran mesin.

Alhasil, sepeda motor leluasa berpindah gigi, sehingga semakin nyaman dan nyaman saat dikendarai.

Baca juga: Belajar Pentingnya Sabuk Pengaman dari Kecelakaan Keluar Tol Bawen

Sistem CVT tidak menggunakan roda gigi untuk memutar rasio roda gigi, melainkan menggunakan sabuk karet atau biasa dikenal dengan V-Belt dan Variable Pulley untuk mencapai rasio roda gigi yang berbeda.

Kebingungan tentang cara kerja CVT masih membekas di benak sebagian orang. Salah satunya seperti postingan Instagram @lowslowmotif (6/7/2024).

Tampak gambar Yamaha Nmax yang mogok lalu diderek atau diderek oleh mobil. Netizen pun jadi perdebatan apakah sebaiknya motor matic dibiarkan menyala saat mogok atau tidak.

Baca Juga: Percayakan Pemilik Pajero Sport Mengalami Masalah Getaran Mobil

Beberapa warganet menyebut tindakan tersebut bisa merusak sistem CVT atau bahkan mesinnya.

Menanggapi postingan tersebut, Yoga Ningrat, pemilik bengkel spesialis skuter Yoga Motoshop, mengatakan skuter matic bisa didorong atau didorong di jalan raya.

“Aman saja. Karena saat mulai bekerja sudah tidak tersambung lagi dengan sabuk atau motor. Yoga kepada virprom.com (06/07/2024) “Jadi saat start yang tinggal rodanya saja, rasio gigi, asnya, lalu mangkuknya berputar.”

Baca juga: Normalkah Air AC Menetes ke Kolong Mobil?

Namun mangkok ini berputar dengan posisi double linen tidak menempel pada mangkok. Jadi saya anggap aman. Tidak menyebabkan kerusakan serius pada kaki-kaki, ban, atau CVT, ujarnya.

Tentu saja poros engkol tidak berputar saat mesin sepeda motor mati.

Sedangkan pada saat putaran mesin hidup atau stasioner, poros engkol ikut berputar sehingga roda gigi juga ikut berputar.

Perputaran roda gigi menimbulkan gaya sentrifugal pada roller sehingga menggerakkan sabuk kipas yang menggerakkan sepeda motor matic. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top