Menko PMK Pelajari Program Makan Bergizi Gratis di Brasil

JAKARTA, virprom.com – Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengkaji implementasi program makanan bergizi gratis yang dikelola pemerintah Brasil.

Hal itu dilakukan Muhadjir saat menghadiri Pertemuan Tingkat Menteri tentang Pembentukan Aliansi Global Melawan Kelaparan dan Kemiskinan di Rio De Janeiro, Brazil pada 23-24 Juli 2024.

“Ini adalah contoh dari pemerintah Brazil tentang cara memerangi kemiskinan dan kelaparan. Saya kira ini contoh yang sangat baik,” kata Muhadjir dalam siaran pers yang diterima, Kamis (25/7/2024).

Bersama perwakilan pemerintah Brazil, Muhadjir mengunjungi dua tempat yang memberikan makanan bergizi gratis kepada anak-anak dan masyarakat miskin, antara lain Sekolah Umum Tingkat Atas Colegio Estadual Souza Angiar (CESA).

Baca juga: Saat Gibran Revisi Tes Makanan Bergizi Gratis di Tengah Kontroversi Pemotongan Anggaran…

Program Makan Siang Sekolah Gratis merupakan program pemerintah Brazil untuk memberikan nutrisi kepada siswa di sekolah. “Setiap siswa mendapat makan siang gratis melalui buffet di kantin sekolah,” ujarnya.

Selain itu, Muhadjir juga menyaksikan langsung pemberian makanan bergizi gratis kepada masyarakat kurang mampu di restoran Do Povo Herbert de Souza. 

Di sana, Muhadjir mempelajari menu bergizi yang ditawarkan dan menyesuaikan biayanya.

Menurutnya, pemerintah Brasil bekerja sama dengan pihak swasta dalam melaksanakan program makan siang gratis untuk memastikan kecukupan gizi bagi masyarakat miskin di negaranya.

Baca juga: Orang Tua Siswa Kepercayaan Gibran Minta Sambal di Menu Bergizi Gratis.

“Pelaksanaan program makan gratis ini dilakukan oleh pemerintah daerah bekerja sama dengan swasta yang dikelola oleh Restaurante Do Povo, untuk memberikan makanan bergizi kepada masyarakat miskin,” kata Muhadjir.

Pemerintah Brazil diyakini telah berhasil melaksanakan program makanan bergizi gratis secara maksimal untuk memastikan kebutuhan gizi setiap anak dan masyarakat miskin dapat terpenuhi.

Langkah Brasil tersebut juga dinilai bisa menjadi acuan Indonesia untuk menerapkan program makanan bergizi gratis pada masa kepemimpinan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka ke depan.

“Keterlibatan semua pihak dalam menjalankan program, seperti petani dan UMKM, menjadi bagian penting dalam menyukseskan program di Brazil,” kata Muhadjir.

“Hal ini akan menjadi salah satu tolak ukur kebijakan yang akan diterapkan di negara kita dalam program makan gratis bergizi yang akan dilaksanakan oleh pemerintah Indonesia,” ujarnya. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di Pilih saluran favorit Anda, buka berita virprom.com Saluran WhatsApp: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top