Menag: Tidak Ada Penyalahgunaan Kuota Haji Tambahan

MADINAH, virprom.com – Menteri Agama dan Wakaf Yaqut Cholil Qoumas menegaskan, tambahan alokasi haji tidak separuhnya menurut Panitia Pemantau Haji (Timwas) Majelis Rakyat.

Ini prinsipnya. Kami tidak akan melanggarnya, Insya Allah tugas ini akan kami penuhi dengan sebaik-baiknya,” kata Yaqub, Jumat (21/6/2024) ditemui. dengan Kantor Perdagangan Haji Indonesia di Madinah.

Sebelumnya, Timwas Haji DPR RI mengkritisi pengalihan separuh alokasi tambahan haji reguler sebesar 20.000 ke ONH Plus Kementerian Agama.

Kelompok Haji DPR kesal dengan keputusan pemerintah yang mengalihkan separuh dari tambahan kuota haji sebanyak 20.000 jamaah ke Haji Plus tanpa berkonsultasi dengan DPR.

Baca Juga: Tambahan Kuota Haji Dipindahkan ke Haji Plus, Gus Muhaymin: Cedera Peradilan

Ketua Rombongan Haji DPR RI Abdul Muhaymin Iskandar mengatakan kebijakan tersebut mencederai rasa keadilan masyarakat yang sudah lama menunggu menunaikan ibadah haji dan melanggar hukum.

Pria bernama Gus Muhaymin ini juga mengatakan, saat ini terdapat keraguan di masyarakat terhadap pembagian kuota imigrasi yang dinilai tidak adil.

Di sisi lain, Menteri Agama dan Wakaf mengakui ada kendala dalam penyelenggaraan haji tahun ini, yakni terbatasnya tempat.

Dia mencontohkan pembangunan toilet di Musdalifah di atas lahan seluas lebih dari 2 hektar yang diperuntukkan bagi jamaah.

Lalu ada pula tantangan di Mina, dimana ruang tidak bertambah sementara jumlah jemaah semakin banyak. Dengarkan berita dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top