Video Sembarang Buka Tutup Radiator Saat Mesin Panas

JAKARTA, virprom.com – Hal yang tidak boleh dilakukan pengendara mobil saat mesin tiba-tiba mati atau rusak adalah tidak membuka tutup radiator dengan hati-hati.

Jangan berkendara sembarangan saat membuka tutup radiator. Sebab ketika mobil mengalami overheat, maka terjadi banyak tekanan pada ruang pendingin.

Jika Anda memutuskan untuk membukanya, tutup radiator bisa dibuka. Tak hanya itu, uap panas dan air panas juga keluar dari lubang radiator.

Baca Juga: Memperluas Bisnisnya, Perusahaan Keuangan Ini Masuk ke Ruang Komersial

Diunggah oleh akun Instagram @lowslowmotif pada Rabu (26 Juni 2024). Dalam tayangan tersebut, terlihat tutup radiator mesin yang diduga overheat dibuka, dan uap panas langsung keluar.

Hal ini tentunya berbahaya karena dapat melukai diri sendiri. Selain itu, kerusakan juga bisa terjadi jika radiator atau tutup radiator dibuka paksa.

Koordinator Eksekutif Departemen Pelayanan Teknis PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Bambang Supriyadi mengatakan, tidak disarankan bagi masyarakat awam untuk membuka tutup radiator.

“Ada beberapa teknik yang harus dipahami agar tidak terjadi cedera akibat tutup radiator yang tidak tertutup rapat, atau akibat uap atau air panas,” kata Bambang baru-baru ini.

Bambang melanjutkan, jika mesin terlalu panas, sebaiknya dimatikan. Diamkan beberapa saat dan nyalakan cairan pendingin atau cairan pendingin tambahan bila diperlukan.

“Kalau kepanasan, matikan mesin sebentar lalu periksa,” kata Bambang.

Sementara itu, Pemilik Aha Motor Yogyakarta, Hardi Wibowo menambahkan, ada aturan tertulis yang tidak boleh membuka tutup radiator saat mesin panas, karena cukup berbahaya.

Baca juga: Cara Korlantas Polri Tingkatkan Keselamatan dan Kelancaran Lalu Lintas

Hardy mengatakan: “Saat suhu mesin tinggi, baik ada air atau kekurangan air, ruang pendingin mesin dijamin bertekanan tinggi, sehingga jika penutup dibuka, uap air atau air panas akan keluar. dibuang.”

Kehabisan air juga bisa berbahaya, lanjut Hardy. Jika radiator yang panas langsung diisi air, maka air tersebut akan menguap dan keluar karena blok mesin terlalu panas.

Cara terbaiknya adalah dengan tidak membuka tutup radiator dan menggunakan tangki air cadangan jika perlu menambahkan air radiator. Dengarkan berita terkini dan pilihan terbaik kami di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda dan kunjungi saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top