Cara Cek Ketebalan Kampas Kopling Mobil Manual Tanpa Dibongkar

SLEMAN, virprom.com – Pengecekan lapisan kopling bisa dilakukan jika konsumen ingin membeli mobil bekas, yakni dengan memainkan pedal kopling tanpa mengemudi.

Dengan memahami konstruksi dan prinsip pengoperasian kopling, pengujian sederhana ini dapat menentukan ketebalan liner kopling tanpa harus membongkarnya.

Hardi Wibowo, Pemilik Aha Motor Yogyakarta, mengatakan ketebalan lapisan kopling pada mobil manual bisa jadi luput dari perhatian saat memilih mobil bekas.

Baca juga: Bisakah Transmisi Manual Dioperasikan Tanpa Tekan Kopling?

Caranya aktifkan rem parkir, injak pedal rem saat mesin hidup, usahakan masuk gigi satu dengan cara menekan pedal kopling terlebih dahulu lalu angkat pedal kopling setengah perlahan, kata Hardi kepada Kompas. com, Senin (10/6/2024).

Hardi mengatakan, saat kopling setengah, terasa ada sentakan yang artinya saat itu lapisan kopling ditekan setengah oleh pegas membran.

“Semakin banyak kita angkat pedal kopling maka mesin akan terasa seperti mati. Ini menandakan lapisan kopling masih tebal, namun jika tidak ada pergerakan maka linennya akan semakin tipis,” kata Hardi.

Baca juga: Inilah Penyebab Bunyi Dengung pada Transmisi Mobil Manual

Hardi mengatakan, kondisi tersebut sama seperti kondisi mobil yang parkir di tanjakan. Jika lapisan kopling tipis, putaran mesin akan tinggi saat pedal gas diinjak, namun mobil tidak bergerak.

Artinya pada saat itu ada yang slip pada kampas kopling, sehingga meski pedal kopling dilepas, rasanya kopling masih setengah karena kampasnya sudah aus atau tipis sehingga menyebabkan pendakian sulit sekali menanjak, kata Hardi. .

Itulah cara mengetahui ketebalan lapisan kopling tanpa membongkarnya, dan membantu konsumen dalam memilih mobil bekas. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top