Joe Biden: AS Tetap Komitmen Bela Israel dari Semua Ancaman Iran

Washington DC, virprom.com – Presiden AS Joe Biden Kamis (1/8/2024) mengatakan Amerika Serikat berkomitmen melindungi keamanan Israel dari segala ancaman Iran.

Hal ini diungkapkan langsung kepada Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu pasca pembunuhan seorang pemimpin senior Hamas di Iran.

Namun, presiden dan wakilnya menekankan upaya untuk meredakan ketegangan yang lebih luas di kawasan.

Baca Juga: Itu Poros Perlawanan Iran, Musuh Israel

Seruan itu juga muncul setelah Israel mengumumkan telah membunuh komandan militer Hizbullah Fud Shukar di Beirut.

Sementara itu, pemerintahan Netanyahu belum mengomentari pembunuhan pemimpin politik Hamas Ismail Haniyeh di Teheran, namun kelompok Hamas menyalahkan Israel.

“Biden menegaskan kembali komitmennya terhadap keamanan Israel terhadap semua ancaman dari Iran, termasuk dari Hamas, Hizbullah, dan kelompok Houthi,” kata Gedung Putih dalam panggilan telepon presiden dengan Netanyahu.

“Presiden membahas upaya untuk mendukung pertahanan Israel terhadap ancaman rudal balistik dan drone, serta pengerahan pertahanan militer baru AS,” jelas Biden.

Hamas, Hizbullah dan pemberontak Houthi Yaman menerima dukungan Iran.

Sementara itu, Israel menyebut pembunuhan Shukarin merupakan respons terhadap serangan roket mematikan yang dilakukan kelompok Lebanon pekan lalu.

Baca Juga: Israel Benarkan Komandan Militer Hamas Tewas dalam Serangan Udara Bulan Lalu

Hizbullah telah saling baku tembak dengan Israel setiap hari di Lebanon selatan sejak perang Gaza dimulai. Dengarkan berita terkini dan cerita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top