Presiden Jokowi Ucapkan Selamat atas Emas Olimpiade Veddriq Leonardo

JAKARTA, virprom.com – Presiden Joko Widodo mengucapkan selamat kepada pemanjat tebing Indonesia, Vidrik Leonardo, yang berhasil meraih medali emas Olimpiade Paris 2024, China (8/8/2024).

Presiden menggambarkan kemenangan Wedrick sebagai rekor baru Indonesia di Olimpiade. Vedrik menjadi pemanjat tebing pertama dalam sejarah Olimpiade Indonesia yang meraih medali emas.

Baca Juga: Vedric Leonardo Raih Emas Olimpiade, Ibunda Ucapkan Syukur di Rumah

“Olimpiade Paris 2024 membawa kebanggaan baru bagi Indonesia, pemanjat tebing kebanggaan negeri Vedric Leonardo yang berhasil meraih medali emas pertama Indonesia di Olimpiade Paris 2024,” kata Jokowi dalam akun media sosial resmi X @jokowi. Kamis malam.

Prestasi ini sekaligus menjadi medali emas pertama bagi Indonesia pada nomor panjang tim panjat dinding Olimpiade. Selamat!

Sebelumnya, Vedric Leonardo mengalahkan Wu Peng dari China untuk merebut medali emas Paris 2024 pada pendakian Le Bourget, Kamis sore waktu Indonesia.

Perjuangan Wiederik di babak final panjat tebing dimulai pada babak perempat final melawan Bassa Mavem (Prancis), pemegang rekor Olimpiade sebelumnya di Tokyo, dengan waktu 5,45 detik. Namun Vedric mengalahkan Mavem dengan catatan waktu 4,88 detik, sedangkan wakil atlet tersebut mencatatkan waktu 5,26 detik.

Baca Juga: Vedric Leonardo yang Dulu Ingin Berhenti Panjat Tebing, Kini Ditawari Emas Olimpiade

Vedrik kemudian bertemu Reza Alipour Shinazandifard (Iran) yang mencatatkan waktu 5,57 detik melawan Amir Mamuratov (Kazakhstan) yang mencatatkan waktu 6,14 detik di semifinal. Wedrick mencatat waktu terbaik pribadinya 4,78 detik, mengungguli Alipore yang finis dengan waktu 4,84 detik.

Di final, Wiederik menghadapi Wu Peng (China), peringkat kedua dunia. Atlet kelahiran Pontianak itu meraih emas dengan catatan waktu 4,75 detik untuk lolos ke medali emas Olimpiade Paris 2024.

Medali perunggu pada kategori ini diraih oleh Sam Watson yang memecahkan rekor dunianya sendiri dengan catatan waktu 4,79 detik. Di Olimpiade Paris, ia mencatatkan waktu 4,74 detik.

Ini merupakan medali emas pertama Indonesia di Olimpiade Paris 2024 dan kedua setelah Gregoria Mariska Tanjung yang meraih medali perunggu di cabang bulu tangkis. Dengarkan berita terkini dan pilihan berita kami langsung ke ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk menemukan saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top