Microsoft Akan Hapus Control Panel Windows, Ini Gantinya

virprom.com – Sistem operasi (OS) Microsoft Windows memiliki pusat kendali seluruh komponen komputer yang disebut Control Panel.

Panel kontrol ini sudah hadir di Windows sejak versi pertama dirilis pada tahun 1985. Fungsi Panel Kontrol berkisar dari menguninstall program, melihat informasi komputer, hingga menyesuaikan antarmuka pengguna (UI) Windows.

Microsoft kini telah mengkonfirmasi bahwa mereka akan menghapus Control Panel dari Windows dan menggantinya dengan program bernama Settings.

Menghapus instalasi Panel Kontrol Windows ditampilkan di halaman dukungan di situs web resmi Microsoft.

“Panel Kontrol sedang dalam proses dihapuskan dan diganti dengan aplikasi Pengaturan, yang memberikan pengalaman lebih modern dan efisien,” tulis Microsoft di situsnya.

Baca juga: Konsol Game Portabel Zotac Zone Resmi Berbasis Windows dengan Layar 120 Hz

Microsoft juga mengatakan bahwa Panel Kontrol masih dapat digunakan karena alasan kompatibilitas dan untuk memberikan akses ke pengaturan lain yang tidak dipindahkan ke aplikasi Pengaturan.

Namun, Microsoft menyarankan agar pengguna menggunakan Pengaturan daripada Panel Kontrol.

Belum diketahui kapan panel kendali ini akan dilepas seluruhnya. Yang jelas KompasTekno masih bisa mengakses control panel ini untuk perangkat Windows 10 dan Windows 11 yang kita gunakan.

FYI, ini bukan pertama kalinya Microsoft mencoba mematikan Control Panel.

Pada tahun 2011, muncul tangkapan layar yang menunjukkan bahwa Windows 8 akan menggantikan Control Panel dengan menu baru bernama PC Settings. Namun yang terakhir, Panel Kontrol menyatu dengan menu baru ini.

Baca juga: Apa itu Page Setup, Komponen dan Fungsinya di Microsoft Word?

Pada tahun 2015, dilaporkan bahwa panel kontrol akan dihapus lagi. Hal ini dikonfirmasi oleh Manajer Program Windows Insider Brandon LeBlanc dalam postingan di X (sebelumnya Twitter).

“Pengaturan pada akhirnya akan menggantikan panel kontrol. Namun, beberapa hal (fitur) tidak akan berpindah. Saya sudah berbulan-bulan tidak merasa perlu menggunakan panel kontrol,” tulis LeBlanc menggunakan akun X dengan alias @brandonleblanc selama beberapa tahun. yang lalu. @ billybobjoe2211 @GabeAul Pengaturan pada akhirnya akan menggantikan panel kontrol. Beberapa item tidak ditransfer. Tapi saya sudah berbulan-bulan tidak menggunakan CP. — Brandon LeBlanc (@brandonleblanc) 4 Oktober 2015

Seperti tahun 2011, control panel masih hidup dan sehat, karena semua fitur di control panel tidak diambil setting.

Kemudian pada tahun 2020, Microsoft merilis versi Windows 10 Oktober 2020.

Pada pembaruan kali ini, pengguna dilaporkan tidak dapat mengakses Menu Sistem di Panel Kontrol. Ketika Anda mengklik ikon sistem, program pengaturan terbuka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top