5 Tips agar Google Bisnis Terhindar dari Scam atau Penipuan

virprom.com – Mengelola profil Google Bisnis Anda merupakan langkah penting dalam meningkatkan visibilitas dan kredibilitas bisnis Anda di dunia digital. Namun, seiring dengan meningkatnya popularitas dan penggunaan platform ini, risiko penipuan juga meningkat.

Salah satu kejadian penipuan Google Maps yang terjadi baru-baru ini menyasar penipuan di lokasi cabang atau tempat usaha bank swasta, penginapan, hotel, restoran, dan tempat makan.

Praktek penipuan yang dilakukan adalah dengan memasukkan rincian nomor telepon aktif atau nomor WhatsApp (WA) palsu pada bagian informasi rincian yang terletak di lokasi usaha/bisnis yang terdaftar di Google Maps.

Penipu sering kali mencoba mengeksploitasi profil bisnis untuk mendapatkan keuntungan dengan berbagai cara, seperti mengakses informasi sensitif atau membuat klaim palsu tentang kepemilikan bisnis.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui langkah-langkah pencegahan untuk menjaga profil Google Bisnis Anda tetap aman dan terlindungi dari ancaman tersebut. Oleh karena itu, untuk menghindari penipuan atau berbagai indikasi penipuan yang mengatasnamakan bisnis Anda, berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan.

Baca Juga: Pengamat: Nomor Kontak Palsu di Google Maps Scam, Bukan Meretas Semua Klaim Tempat Bisnis

Pastikan Anda telah mengklaim setiap lokasi bisnis yang Anda miliki. Anda dapat memeriksa apakah suatu lokasi bisnis diklaim menggunakan Google Penelusuran atau Google Maps.

Jika Anda menemukan situs yang belum diklaim, segera klaim situs tersebut untuk mendapatkan kendali penuh atas informasi bisnis Anda. Langkah ini akan memastikan bahwa hanya Anda atau pihak yang berwenang yang dapat mengelola profil bisnis.

Mengklaim lokasi bisnis Anda di Google (atau lebih dikenal dengan Google Bisnisku) merupakan langkah penting dalam meningkatkan visibilitas bisnis Anda di hasil pencarian Google. Dengan mengklaim, Anda akan memiliki kendali penuh atas informasi yang ditampilkan bisnis Anda, seperti jam kerja, nomor telepon, dan foto bisnis.

Berikut langkah-langkahnya:  Buat akun Google Bisnisku dengan mengunjungi https://www.google.com/business/  Klik “Mulai Sekarang” Masukkan nama bisnis Anda dan kategori bisnis yang paling sesuai. Selanjutnya Google akan mencari lokasi bisnis Anda yang ada di Google Maps. Jika Anda menemukannya, Anda bisa langsung mengklaimnya. Jika belum ada, Anda bisa menambahkan lokasi usaha baru. Google kemudian akan mengirimkan kode verifikasi ke alamat bisnis Anda melalui surat atau telepon. Masukkan kode verifikasi untuk mengonfirmasi kepemilikan bisnis. Setelah verifikasi, Anda dapat melengkapi profil bisnis Anda secara detail. Batasi akses ke profil bisnis

Mengelola akses ke profil bisnis Anda dengan benar adalah kunci untuk menjaga keamanannya. Hanya pemilik dan pengelola yang benar-benar perlu mengelola profil bisnis yang boleh diberi akses.

Dengan membatasi akses, Anda dapat mengurangi risiko akun Anda disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Selain itu, penting untuk selalu mewaspadai permintaan akses yang mencurigakan, terutama jika permintaan tersebut berasal dari sumber yang tidak dikenal.

Pastikan untuk segera mencabut akses mantan karyawan yang sudah tidak terkait dengan bisnis Anda, agar keamanan profil tetap terjaga.

Baca juga: 3 Trik Agar Tidak Tertipu Penipu Google Maps Waspada Penipuan yang Mengatasnamakan Google

Penipuan yang menggunakan nama Google menjadi lebih umum, dan Anda harus selalu waspada terhadap panggilan, email, atau pesan teks yang menawarkan bantuan terkait profil bisnis Anda demi mendapatkan uang.

Seringkali individu berpura-pura menjadi perwakilan Google untuk mendapatkan informasi sensitif seperti OTP atau PIN, atau bahkan meminta pembayaran untuk layanan yang sebenarnya gratis. 

Penting untuk diingat bahwa Google tidak pernah meminta OTP, PIN atau biaya apapun untuk layanan ini. Jika Anda menerima permintaan seperti itu, segera abaikan dan laporkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top