Manuel Neuer Pensiun dari Timnas Jerman, Revolusi Posisi Penjaga Gawang

virprom.com – Penjaga gawang timnas Jerman, Manuel Neuer, Rabu (21/8/2024) menyatakan akan pensiun dari timnas setelah 15 tahun dan 124 pertandingan bersama Die Mannschaft.

Penjaga gawang berusia 38 tahun itu akan fokus pada klubnya saat ini, Bayern Munich.

Manuel Neuer melakukan debut untuk tim nasional Jerman pada tahun 2009 dan menjadi bagian dari tim pemenang Piala Dunia pada tahun 2014.

Neuer tidak kebobolan satu gol pun saat melawan Argentina pada final Piala Dunia di Stadion Maracana di Brasil.

Pelatih timnas Jerman Julian Nagelsmann pun mengatakan betapa hebatnya Neuer di sepakbola.

“Meskipun saya memahami keputusan Manu dan niatnya, kepergiannya merupakan kerugian besar – dari sudut pandang olahraga dan kemanusiaan,” kata Nagelsmann kepada Sky Deutschland.

Manu telah membangun peran penjaga gawang yang tiada duanya dalam sejarah sepakbola.

Baca juga: Ilkay Guendoghan Resmi Pensiun dari Timnas Jerman

“Dengan penyelamatannya, gol pembuka tim, dan karismanya, dia lebih dari sekadar pemain tim nasional selama hampir satu setengah dekade.”

“Kemampuannya adalah faktor kunci dalam gagasan bagaimana kami ingin bermain sepak bola. Manu adalah atlet hebat dan orang yang sangat hebat.”

Pertandingan terakhir Neuer untuk timnas Jerman adalah kekalahan 1-2 di perpanjangan waktu melawan Spanyol di perempat final Euro 2024.

Bermain 124 kali untuk tim nasional Jerman, terbanyak kelima untuk Der Panzer dan terbanyak di antara penjaga gawang mana pun.

Mantan penyerang timnas Jerman yang kini menjadi direktur DFB (PSSI Jerman) ini mengatakan, “Manu adalah salah satu dari sekian banyak kiper Jerman yang berprestasi.

Baca Juga: Thomas Müller Umumkan Pensiun dari Timnas Jerman

“Dia mengubah dunia penjaga gawang dengan gayanya. Kita hanya bisa tunduk pada semua pencapaiannya. Manuel menghabiskan momen-momen tak terlupakan bersama tim nasional.”

Neuer memulai karir klubnya di Schalke 04, di mana ia membuat lebih dari 200 penampilan sebelum bergabung dengan Bayern Munich pada musim panas 2011.

Sejak itu, ia telah mencatatkan 522 penampilan untuk The Bavarians, menjadikan dirinya sebagai kiper pilihan pertama untuk klub dan negara selama lebih dari satu dekade.

Sang kiper telah memenangkan 31 trofi besar sepanjang kariernya, termasuk Piala Dunia bersama Jerman pada 2013 dan 2020 serta dua trofi Liga Champions bersama Bayern. Tonton berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda Pilih saluran berita pilihan Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top