Drone Ukraina Serang 4 Pangkalan Militer Rusia, Zelensky: Serangan Akurat

KYIV, virprom.com – Kendaraan udara tak berawak atau drone Ukraina menyerang empat pangkalan militer Rusia pada Rabu (14/8/2024) malam.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky memuji serangan itu tepat dan akurat.

Sebab, serangan besar-besaran tersebut menyasar empat pangkalan militer Rusia di wilayah Voronezh, Kursk, dan Nizhny Novgorod, yakni “Khalino”, “Savaselka”, “Borisoglebsk”, dan “Baltimore”.

Baca juga: Ukraina Klaim Kuasai 1.000 Kilometer Persegi Wilayah Rusia

“Sasaran utamanya adalah depot bahan bakar dan pelumas serta senjata antipesawat,” lapor Staf Umum Ukraina melalui Telegram, seperti dikutip Reuters, Kamis (15/08/2024).

Dia juga mengatakan bahwa konsekuensi dari serangan itu sedang diselidiki.

Sumber keamanan di Kiev mengatakan serangan itu ditujukan untuk melemahkan kemampuan Moskow dalam menggunakan pesawat tempur untuk melancarkan serangan bom terhadap Ukraina.

Reuters tidak dapat mengkonfirmasi klaim tersebut secara independen. Ukraina masih menaksir tingkat kerusakan yang terjadi.

“Terima kasih atas serangan yang akurat, tepat waktu dan efektif terhadap lapangan udara Rusia. Drone Ukraina bekerja sebagaimana mestinya,” kata Zelensky dalam pidatonya di hadapan militer pada hari Rabu.

Kementerian Pertahanan Rusia sebelumnya mengatakan bahwa pertahanan udaranya menghancurkan 117 drone dan empat rudal taktis yang diluncurkan Ukraina di wilayah Kursk.

Serangan terhadap bandara tersebut terjadi ketika pasukan Ukraina mencoba memasuki wilayah Kursk, Rusia.

Yakni ketika mereka melancarkan operasi kejutan yang membuahkan kemenangan terbesar mereka di medan perang sejak tahun 2022.

Baca juga: Putin: Serangan Ukraina terhadap perundingan gencatan senjata

Setelah serangan pekan lalu, pasukan Rusia telah mengurangi jumlah pemboman yang menargetkan pemukiman perbatasan di wilayah Kharkiv di timur laut Ukraina. Dengarkan berita dan headline terkini langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top