Iran Tolak Seruan Barat untuk Batal Luncurkan Serangan Balasan ke Israel

THERAN, virprom.com – Iran pada Selasa (13/8/2024) menolak tuntutan Barat untuk membatalkan ancamannya menghadapi Israel atas pembunuhan politisi Hamas Ismail Haniyeh di Teheran akhir bulan lalu.

“Pernyataan Perancis, Jerman, dan Inggris yang tidak keberatan dengan kejahatan internasional rezim Zionis (Israel), malah meminta Iran untuk tidak mengambil tindakan preventif terhadap rezim yang melanggar kedaulatan dan integritas wilayahnya,” Iran Juru bicara Kementerian Luar Negeri Nasser Kanani mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Ia menegaskan, tuntutan seperti itu tidak memiliki logika politik.

Baca juga: AS prihatin dengan perkiraan serangan signifikan Iran terhadap Israel minggu ini

“Ini melanggar prinsip dan aturan hukum internasional dan merupakan dukungan publik dan praktis terhadap Israel,” katanya, seperti dikutip kantor berita AFP.

Iran dan sekutunya menyalahkan Israel atas pembunuhan Haniyeh ketika dia mengunjungi Teheran pada tanggal 31 Juli untuk menghadiri pelantikan Presiden Masoud Pezeshkian. Israel belum mengomentari insiden tersebut.

Sementara itu, diplomat Barat berusaha keras mencegah konflik besar di Timur Tengah, di mana ketegangan sudah tinggi akibat perang Israel-Hamas di Gaza.

Dalam sebuah pernyataan pada hari Senin, AS dan sekutunya di Eropa meminta Iran untuk “mundur”.

Baca juga: FBI sedang menyelidiki tim kampanye Trump atas dugaan serangan peretasan yang dilakukan Iran. AS sedang mempersiapkan kemungkinan serangan Iran di negara-negara Timur Tengah. Iran meminta Iran untuk menahannya, hal itu bisa menyebabkan perang habis-habisan

“Kami menyerukan Iran untuk menghentikan ancaman serangan militer yang terus-menerus terhadap Israel dan mendiskusikan konsekuensi serius bagi keamanan regional jika serangan seperti itu terjadi,” kata pernyataan bersama Inggris, Prancis, Jerman, Italia, dan Inggris AS. Amerika Serikat. (KITA).

  Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita pilihan Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top