Terdampak Gangguan PDN, Dirjen Imigrasi Minta Warga yang ke Luar Negeri Datangi Bandara Lebih Awal

JAKARTA, virprom.com – Direktur Jenderal Imigrasi (Dirjen) (Kemenkumham) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Silmi Karim mengimbau masyarakat yang ingin bepergian ke luar negeri agar tiba di bandara lebih awal.

Sebab, matinya sistem Pusat Data Nasional (PDN) yang dikelola Kementerian Komunikasi dan Informatika (Cominfo) berdampak pada seluruh layanan imigrasi.

Oleh karena itu, penumpang penerbangan (luar negeri) diimbau datang lebih awal, kata Silmi kepada virprom.com, Kamis (20 Juni 2024).

Baca Juga: Sistem PDN Kominfo down, seluruh layanan imigrasi terdampak

Silmi mengatakan masyarakat masih bisa bepergian ke luar negeri atau masuk ke dalam negeri.

Namun, proses imigrasi memakan waktu lebih lama dari biasanya.

“Bisa dilalui, tapi butuh waktu karena manual,” jelas Silmi.

Menurut dia, kondisi ini akan berlaku hingga sistem PDN kembali normal.

“Ya, atau sedang mencari solusi lain,” kata Silmi.

Baca juga: Kominfo masih berupaya pulih dari pemadaman Pusat Data Nasional yang mengganggu pelayanan imigrasi

Sebelumnya, Direktorat Jenderal Imigrasi (Ditjen) mengungkapkan, seluruh layanan imigrasi terdampak akibat pemadaman PDN.

Ada keluhan tentang pemadaman layanan di media sosial di masa lalu.

“Pusat Data Nasional (NDC) saat ini mengalami gangguan sistem sehingga berdampak pada seluruh layanan imigrasi,” tulis Direktorat Jenderal Imigrasi di laman Instagram resminya pada 20 Juni 2024.

Sistem PDN tidak hanya digunakan oleh Direktorat Jenderal Imigrasi saja. Sistem ini juga digunakan oleh banyak kementerian/organisasi lain.

Baca Juga: Sistem Imigrasi Macet di Bandara Soekarno-Hatta Akibat Gangguan Pusat Data Nasional

Mengenai sistem resmi Kementerian Komunikasi dan Informatika, PDN merupakan fasilitas sistem elektronik dan komponen lain yang dirancang untuk menyimpan, menyimpan, mengolah, dan mengambil informasi.

PDN menjadi sorotan pada tahun 2023 ketika 34 juta paspor Indonesia yang dijual di situs online bocor. Dengarkan berita terkini dan pilihan berita kami langsung di ponsel Anda. Untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com, pilih saluran berita favorit Anda: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top