Ada Beda antara Kompresor AC Mobil Listrik, Hybrid, dan Konvensional

JAKARTA, virprom.com – Pendingin udara (AC) menjadi komponen penting untuk menunjang kenyamanan kabin. AC yang panas membuat perjalanan menjadi tidak nyaman.

Bagian-bagian AC mobil ada banyak sekali, namun sebagian besar terbagi menjadi tiga, yaitu kompresor, kondensor, dan evaporator yang merupakan bagian terpenting.

Baca Juga: Baik atau Buruk, Kecelakaan di Jalan Pasti Menimbulkan Kerugian

Andrew Prakuswo, pemilik bengkel spesialis AC, Fortune AC, mengatakan berbeda dengan mobil konvensional, kompresor pada mobil hybrid menggunakan motor listrik.

Artinya kompresor tidak lagi bergantung pada putaran mesin, melainkan menggunakan motor listrik yang tenaganya diambil dari baterai agar tidak membebani mesin.

Andrew Cibubur mengatakan: “Perbedaannya terletak pada bagian kelistrikannya, pada mobil normal kompresornya mengikuti siklus mesin, sedangkan pada mobil listrik dan hybrid berbeda karena kompresornya tidak lagi mengikuti siklus mesin, sehingga hanya bergantung pada baterai”. , Kamis (13/6/2024).

“Yang lainnya masih sama,” katanya.

Baca Juga: PO 27 Trans Dirilis Bus Baru Rute Malang – Denpasar

Salah satu kelebihan kompresor jenis ini adalah performa motornya lebih baik karena tidak dibebani arus bolak-balik.

Selain itu, kompresornya sendiri juga cenderung lebih awet karena siklus kompresornya stabil, tidak terpengaruh oleh putaran mesin saat mobil berjalan.

Andrew mengatakan, karena kompresornya berbeda, maka jenis oli yang digunakan juga berbeda.

“Ada perawatan yang berbeda, seperti minyak yang berbeda, jenis yang berbeda,” kata Andrew.

“Oli (mobil) yang normal jenisnya PAG (polialkilen glikol), bisa menghasilkan listrik, sedangkan kendaraan listrik hybrid tidak. Pakai POE (minyak poliester),” ujarnya. Dengarkan berita terbaru dan pilih berita di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top